Modal ID Card Palsu Krakatau Posco, HK Raup Ratusan Juta dari Menipu Orang

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 04 Agustus 2020 - 22:20:58 WIB   |  dibaca: 221807 kali
Modal ID Card Palsu Krakatau Posco, HK Raup Ratusan Juta dari Menipu Orang

CILEGON, BANTEN RAYA - Aksi penipuan dengan menawarkan lowongan pekerjaan (Loker) di PT. Krakatau Posco Energy dibongkar Aparat Satuan Reserse dan Kriminal (Satresrim) Polres Cilegon.

Tersangka berinisial HK (39), warga Lingkungan Tegal Cabe, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil, yang mengaku memiliki kenalan orang dalam di perusahaan pelat merah itu telah menipu puluhan orang dengan bayaran masing-masing Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per orang.  

Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, aksi penipuan yang dilakukan tersangka terungkap setelah adanya laporan korbannya kepada polisi. Tersangka dibekuk pada 22 Juni 2020 di rumahnya. 

Dikatakan, dalam modus operandinya, tersangka menjanjikan bisa memasukkan kerja di PT Krakatau Posco Energy dan PT Krakatau Posco. “Iming-iming bisa kerja di PT Krakatau Posco Energy,” kata Yudhis saat press rilis di Mapolres Cilegon, Selasa (4/8).

Dikatakan Yudhis, saat ini baru satu korban yang melapor. Tetapi, korban lainnya juga akan melapor. Bahkan, menurut keterangan tersangka jumlahnya hingga sekitar 20 orang yang menjadi korban. “Kami minta masyarakat yang merasa tertipu harap melapor ke kami,” pintanya.

Selain menjanjikan untuk bekerja di PT Krakatau Posco, kata Yudhis, pelaku juga menjanjikan para korbannya bisa bekerja di perusahaan lain. Namun, yang sudah terungkap laporan korban yang akan bekerja di PT Krakatau Posco. “Pelaku (Tersangka_red) menjalankan aksinya dengan menawarkan ke korbannya dari mulut ke mulut,” tuturnya.

Dalam aksinya tersangka melakukan seorang diri. Bahkan, Ia juga membuat kartu identitas buat calon korban dengan cara mencetak sendiri. 

“Kita mengamankan barang bukti berupa komputer, printer, ID card, sepatu safety, helm safety, peralatan itu semua digunakan tersangka agar korbannya percaya,” urainya seraya mengimbau kepada warga untuk tidak mudah percaya begitu saja dengan loker yang belum jelas kebenarannya.

Ia menambahkan, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP atas kasus penipuan tersebut. “Ancaman hukuman maksimal empat tahun,” terangnya.

Kepala Satreskrim Polres Cilegon AKP Maryadi mengungkapkan, korban penipuan yang dilakukan HK sekitar 20 orang. Saat ini pelaku telah meraup uang ratusan juta. “Pelaku mendapatkan uang ratusan juta selama dua tahun dari kasus ini. Satu korban ditarif sekitar Rp 4 juta sampai Rp 5 juta,” tambahnya.

Tersangka HK mengaku para korban dijanjikan untuk kerja di workshop PT Krakatau Posco ataupun office boy. Ia menarif kepada korban sekitar Rp 4 juta. “Saya nawarin dari mulut ke mulut saja. Saya melakukan ini karena dulu kerja serabutan dan butuh uang,” ujarnya.

HK dalam menjalankan aksinya mengaku memunyai orang dalam di PT Krakatau Posco yang bisa memasukkan pekerja ke perusahaan. “Kebanyakan korban lulusan SMP sama SMK,” akunya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook