Tak Terkecoh, Polda Banten Bongkar 150 Kilogram Ganja yang Disamarkan dalam Truk Gula 

nurul roudhoh   |   Hukum  |   Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:51:18 WIB   |  dibaca: 562 kali
Tak Terkecoh, Polda Banten Bongkar 150 Kilogram Ganja yang Disamarkan dalam Truk Gula 

DARI POLDA BANTEN UNTUK BANTEN RAYA - LUMAYAN : Anggota Ditnarkoba Polda Banten menunjukan barang bukti ganja saat penangkapan di Jalan Tol Tangerang-Merak, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA-  Kepolisian Daerah (Polda) Banten kembali menggagalkan kiriman 150 kilogram ganja yang diselundupkan menggunakan truk ekspedisi pengangkut gula, di Tol Tangerang-Merak kilometer 68, Kelurahan Banjaragung, Kecamatam Cipocok, Kota Serang, Rabu (5/8) sore.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi membenarkan adanya pengungkapan narkoba jenis ganja oleh Ditrektorat Narkoba (Ditnarkoba) Polda Banten sebanyak 150 kilogram yang diangkut menggunakan kendaraan sembako gula.

 “Iya benar giat dari Ditresnarkoba Polda Banten kemarin. Kami kembali berhasil menggagalkan penyelundupan ganja,” katanya kepada Banten Raya, Kamis (6/8). 

Edy menambahkan, pihaknya hingga kini masih melakukan pengembangan atas tangkapan narkoba dengan kapasitas besar yang kedua di tahun 2020 ini. Sehingga dirinya masih enggan menjelaskan secara rinci penangkapan narkoba yang diduga asal Aceh tersebut "Kami masih menunggu informasi lengkap dari Ditresnarkoba" tambahnya.

Edy menjelaskan, pengungkapan itu masih berkaitan dengan 159 kilogram ganja dan 9 tersangka yang ditangkap Ditnarkoba Polda Banten pada 23 Juli 2020 yang modus penyelundupannya hampir sama dengan tangkapan kali ini. 

"Pengungkapan ini masih berkaitan dengan pengungkapan kasus kemarin," jelasnya.

Sebelumnya, Jajaran Ditnarkoba Polda Banten berhasil menangkap 9 tersangka dan menggagalkan penyelundupan narkotika jenis ganja dari Aceh seberat 159 kilogram. Ganja yang dikirim dari Aceh tersebut diamankan dari tiga lokasi yang berbeda yakni di Cideng Jakarta Pusat, Parung Bogor dan Aceh.

Pengungkapan bermula pada Juli 2020 kepolisiam mendapatkan informasi akan ada pengiriman narkotika jenis ganja dengan jumlah besar dari Aceh menuju Jakarta yang kemudian dilakukan pendalaman informasi. Pada tanggal 18 Juli 2020, barang dikirim melalui ekspedisi menuju Jakarta.

Kemudian pada 23 Juli 2020 target termonitor telah tiba di Bakauheni, Lampung dan menyeberang ke Merak. Lalu tim Ditnarkoba menghadang dan penangkapan mobil ekspedisi itu di rest area tol Tangerang Merak kilometer 64. Ditemukan barang bukti jenis ganja.

Setelah itu truk ekspedisi dibiarkan melanjutkan perjalanan hingga tempat kejadian perkara (TKP) pengambilan Kantor CMC Jakarta Pusat dan di sana berhasil diamankan dua tersangka BY(35) dan YN (30) yang akan mengambil barang.

Tiga hari setelah melakukan penangkapan di Cideng, Jakarta Pusat, tim Ditnarkoba melakukan penangkapan lagi di dua daerah yang berbeda. Di Parung Bogor berhasil mengamankan 2 tersangka inisial AS (37) dan MR (31). Di Aceh sebanyak 5 tersangka ditangkap, yakni SP (33), RN (31), MN (43), HN (39) dan FR (39). Tersangka mengemas ganja tersebut menggunakan peti kayu berwarna merah dan empat buah panel jaringan Telkom untuk mengelabui petugas kepolsian. (darjat/rahmat)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook