5.215 Napi di Banten Senang Dapat Remisi Kemerdekaan

nurul roudhoh   |   Hukum  |   Selasa, 18 Agustus 2020 - 12:09:49 WIB   |  dibaca: 452 kali
5.215 Napi di Banten Senang Dapat Remisi Kemerdekaan

SERANG, BANTEN RAYA - Sebanyak 5.215 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di wilayah Kemenkumham Banten mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman dalam rangka Hari Kemerdekaan atau HUT ke-75 Republik Indonesia (RI).

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten R Andika Dwi Prasetya mengatakan, pada Senin (17/8), pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana, bagi warga binaan yang telah menunjukkan adanya perubahan dalam mengikuti program pembinaan dari pemerintah.

"Total 5.215 orang narapidana dewasa dan anak mendapatkan remisi umum," katanya kepada Banten Raya, Selasa (18/8).

Menurut Andika, pemberian remisi umum bagi napi dan anak dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Penyerahan dilakukan oleh kepala daerah yang akan disaksikan oleh Menkumham secara virtual.

"Kriteria narapidana dan tahan yang mendapat remisi yaitu bagi narapidana yang sudah menjalankan minimal enam bulan dan harus berkelakuan baik selama enam bulan," ujarnya.

Selain remisi, Andika menambahkan, ada sekitar 1.093 warga binaan dan 13 orang pegawai Kemenkumham Banten menyatakan diri siap untuk menjadi relawan uji coba vaksin Covid-19.

"Kami punya relawan untuk pengujian uji vaksin Covid-19, semua sudah mendapat dukungan dari keluarganya masing-masing,” ujarnya. (darjat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook