Nyalon Walikota, Pengunduran Diri Sekda Kota Tangsel Tinggal Tunggu Restu Gubernur

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 20 Agustus 2020 - 16:13:16 WIB   |  dibaca: 151 kali
Nyalon Walikota, Pengunduran Diri Sekda Kota Tangsel Tinggal Tunggu Restu Gubernur

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Gunawan Rusminto diwawancara wartawan.

SERANG, BANTEN RAYA - Sekda Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Muhammad mengajukan pengunduran diri ke Gubernur Banten Wahidin Halim. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi syarat pencalonannya sebagai bakal calon Walikota Tangsel pada pilkada serentak 2020. 

Seperti diketahui, Muhammad maju pada Pilkada Kota Tangsel berpasangan dengan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Mereka telah mengantongi rekomendasi pengusungan dari Gerindra dan PDIP serta tiga partai yang tak memiliki kursi di DPRD Tangsel yaitu Perindo, NasDem dan Partai Garuda. 

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten Gunawan Rusminto mengatakan, dalam aturannya seorang PNS jika ingin maju dalam perhelatan politik termasuk pilkada harus mengundurkam diri. Hal tersebut sedang ditempuh Sekda Kota Tangsel Muhammad ke gubernur belum lama ini.

"Tangsel sudah mengajukan pengunduran diri Pak Sekdanya karena PNS," ujarnya, Kamis (20/8). 

Ia menjelaskan, untuk usulan pengunduran diri Muhummad sudah masuk ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten. Selanjutnya, usulan akan ditindaklanjuti melalui persetujuan gubernur. 

"Sekda sudah ke BKD, PNS itu ranahnya BKD untuk pemberhentian pejabat sekdanya. Kalau untuk (ke Biro Pemerintahan) kaitan DPRD yang berhenti atau kepala daerah yang cuti," katanya.

Terkait tindak lanjut usulan, kata dia, pemprov tinggal menunggu kepastian dari parpol pengusung. Hal itu yang akan menjadi dasar persetujuan pengunduran diri yang bersangkutan.

"Tinggal menunggu dari partai politiknya apa benar mengusung si A untuk dalam ajuan dalam pilkada nanti," tuturnya. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook