Nikah di Cilegon Dapat Kado KK dan KTPel Baru

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 21 Agustus 2020 - 19:02:12 WIB   |  dibaca: 230 kali
Nikah di Cilegon Dapat Kado KK dan KTPel Baru

CILEGON, BANTEN RAYA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cilegon telah meluncurkan inovasi program Pelayanan Administrasi SIMKAH SIAK Terintegrasi Jika Bersatu (Pasti Jitu) yang bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cilegon. Kerjasama tersebut merupakan program penerbitan administrasi kependudukan bagi pasangan suami dan istri yang baru menikah. 

"Jadi bagi pasutri yang menikah  hari itu juga saat hari pernikahan bukan hanya menerima buku nikah atau sekarang disebut SIMKAH (Surat Izin Menikah), tetapi juga mendapatkan KTPel (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) dan KK (Kartu Keluarga) baru dengan status KTPel dari lajang menjadi menikah," kata Kepala Disdukcapil Kota Cilegon Hayati Nufus, Jumat (21/8).

Nufus menjelaskan, fasilitasi pergantian KTPel dan KK tersebut cukup diajukan saat mendaftar pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di Kota Cilegon. Persyaratan pembuatan KTPel dan KK seperti pada umumnya turut dilampirkan saat pendaftaran pernikahan. "Petugas KUA akan mengubungi Petugas Disdukcapil, dan Petugas Disdukcapil kemudian melakukan input data. Sehingga saat Hari H pernikahan KTPel dan KK terbaru sudah bisa didapatkan oleh pasutri," terangnya. 

Kata Nufus, bagi mempelai pria atau wanita yang dari luar Kota Cilegon, Disdukcapil Kota Cilegon juga memfasilitasi pencabutan data di daerah asal. "Jadi setelah nikah tidak ribet urus ini itu. Cukup sekali ngurus saat mendaftar nikah dapat SIMKAH, KTPel dan KK terbaru," katanya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook