Pemilihan Program Dana Pinjaman Diperketat

Redaksi   |   Metro Serang  |   Senin, 24 Agustus 2020 - 10:02:15 WIB   |  dibaca: 190 kali
Pemilihan Program Dana Pinjaman Diperketat

SERANG, BANTEN RAYA - DPRD Provinsi Banten bakal memerhatikan lebih detail terkait pemilihan program yang dicanangkan Pemprov Banten dari dana pinjaman pemulihan ekonomi nasional (PEN) daerah pada tahun anggaran 2021. Hal tersebut dilakukan lantaran waktu pembahasan lebih panjang. Tak seperti program dana pinjaman di Perubahan APBD 2020 yang masuk di ujung pembahasan.

Seperti diketahui, Pemprov Banten telah mengajukan pinjaman daerah kepada PT SMI senilai Rp4,99 triliun. Usulan telah dilayangkan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Surat Gubernur Banten Banten Nomor 900/1424-BPKAD/2020 tertanggal 4 Agustus. Pinjaman akan disalurkan pada dua tahun anggaran yaitu di Perubahan APBD 2020 senilai Rp856,27 miliar dan pada APBD Murni 2021 sebesar Rp4,13 triliun.

Pinjaman tahap awal telah dimasukan dalam postur Perubahan APBD 2020 dan telah disahkan pada rapat paripurna DPRD Banten pada 14 Agustus lalu.

Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni mengatakan, pembahasan program yang dibiayai dari dana pinjaman pada pembahasan tahun anggaran 2021 akan lebih fokus. Pihaknya bisa melakukan karena memiliki waktu yang relatif cukup panjang.

"(Pembahasan) 2021 belum mulai kita bahas tapi berdasarkan pengalaman perubahan ini tentu nanti kita akan lebih fokus," ujarnya, kemarin.

Politikus Gerindra itu menuturkan, waktu pembahasan lebih panjang dikarenakan pihaknya sudah lebih dulu mendapat informasi adanya dana pinjaman sejak awal.

"(Pembahasan) lebih awal karena sudah dinformasikan ke kita. Kalau kemarin (pembahasan Perubahan APBD 2020) kan di tengah jalan informasinya," katanya. 

Ia menilai, program dana pinjaman merupakan hal yang mesti disikapi dengan positif. Oleh karenanya yang perlu diperhatikan adalah peruntukannya bisa tepat sasaran.

"Tentu kita harus menyikapinya masa kita tolak dikasih sebuah peluang ya. (Pengajuan dana pinjaman ke PT SMI) Sudah ada payungnya, semua tahapan juga sudah ditempuh pemprov," tuturnya. (dewa)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook