Kantin FT Untirta, Bernuansa Islami Dengan Konsep Smart System dan Green Concept

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 01 September 2020 - 19:22:59 WIB   |  dibaca: 311 kali
Kantin FT Untirta, Bernuansa Islami Dengan Konsep  Smart System dan Green Concept

SAMBUTAN: Dekan Fakultas Teknik Untirta Asep Ridwan saat menyampaikan sambutan dalam acara peletakan batu pertama pembangunan kantin Fakultas Teknik Untirta, Selasa (1/9).

CILEGON, BANTEN RAYA-Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Fatah Sulaiman meletakkan batu pertama pembangunan kantin Fakultas Teknik Untirta yang akan menggunakan smart system dan green concept, Cilegon, Selasa (1/9).

Dalam sambutannya, Rektor Untirta Fatah Sulaiman menyampaikan, pembangunan kantin ini salah satu wujud nyata Untirta sebagai kampus yang integrated, smart and green campus. Pembangunan kantin ini merupakan hasil kerjasama Bank Muamalat Indonesia sebagai salah satu bentuk sumbangsih pada lembaga pendidikan.

Pakar kimia di Banten ini menjelaskan, proses komunikasi awal pembangunan kantin yang diinisiasi oleh wakil rektor bidang kerjasama dan pihak Bank Muamalat dilakukan selama sembilan bulan yaitu dilakukan pada bulan Januari silam. “Dengan  pertemuan yang intensif, Alhamdulillah hari ini kita akan groundbreaking pembangunan kantin yang menggunakan konsep smart system dan green concept,” kata Rektor Untirta.

Fatah juga menambahkan kantin tersebut nantinya akan dibangun dengan konsep green kantin untuk mendukung visi rektor. Rencananya, seluruh infrastruktur yang ada di kampus Untirta memiliki semangat yang sama, yaitu memiliki tiga parameter yakni integrasi, smart, dan green.

Untuk itu selain dengan pembayaran secara cashless, lanjut Rektor Untirta, kantin Untirta yang di Fakultas Teknik juga akan menggunakan solar cell. Pengolahan limbah kantin pun tidak terlepas dari konsep green kantin.

Dalam kesempatan itu, Rektor Untirta juga mengungkapkan adanya rencana peresmian green kantin universitas yang berlokasi di Sindangsari bertepatan dengan dies natalis Untirta tanggal 1 oktober mendatang.

“Pak Wakil Rektor II sudah menyiapkan lahan kurang lebih 5.000  meter persegi, yang memiliki pemandangan yang bagus. Kalau di Serpong itu seperti The Breeze, nah saya ingin seperti itu,” ungkap rektor.

Senada disampaikan Dekan Fakultas Teknik Untirta Asep Ridwan, selaku user Kantin Teknik Untirta Cilegon ini akan menjadi model kantin resik dan modern pertama sebagai percontohan kantin di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Kantin yang disponsori oleh Bank Muamalat ini juga akan didesain dengan nuansa islami. “Karena pihak sponsor dari Bank Syariah yakni Muamalat, tentunya kantin ini diberi nama kantin hijrah yang menghadirkan nuansa islami,” ujar Asep.

Dekan FT yang juga alumni Untirta ini mengucapkan terima kasih terutama kepada Rektor Untirta dan Bank Muamalat atas komitmen bersama dalam proses pembangunan green kantin  yang merupakan bagian dari upaya implementasi kampus unggul yang integrated, smart, and green sesuai visi rektor.

Sementara itu, Kepala Muamalat Cabang Serang Firmansyah Safari mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya dapat bekerjasama dengan Untirta. Karena Bank Muamalat merupakan Bank Syariah pertama yang diizinkan bekerjasama dengan Untirta dan hampir 50 persen pegawai Bank Muamalat di Cabang Serang adalah alumni Untirta.

Terkait kerjasama dengan Untirta, Firman mengatakan pihaknya tidak hanya ingin berkontribusi dalam pembangunan green kantin saja, tetapi juga Bank Muamalat akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu.

Kedepan ia berharap dapat terus bekerjasama dengan pihak Untirta dan dapat lebih baik lagi dalam memberikan kontribusi bagi Untirta. (satibi)   

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook