Mansur S Pengidap Tumor Ganas, Dijadwalkan Operasi Oktober

Redaksi   |   Kesehatan  |   Rabu, 09 September 2020 - 21:24:29 WIB   |  dibaca: 103 kali
Mansur S Pengidap Tumor Ganas, Dijadwalkan Operasi Oktober

BUTUH BANTUAN: Mansur S, warga Lingkungan Sukadana II Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serangm, hanya bisa terbaring di tempat tidur di kediamannya karena mengidap penyakit tumor ganas sejak Maret 2020.

SERANG, BANTEN RAYA- Mansur Setiawan (29) warga Lingkungan Sukadana II RT/RW 12/04, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen Kota Serang yang mengidap tumor ganas dijadwalkan akan dilakukan tindakan operasi di Rumah Sakit Cipta Mangunkusumo (RSCM) Jakarta pada Oktober 2020. Kepastian tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang M Ikbal saat ditemui di Aula Setda lantai 1 Puspemkot Serang, Kota Serang, setelah mengikuti rapat persiapan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Rabu (9/9).
"Sekarang tinggal nunggu aja, karena RSCM mempersiapkan waktu Oktober untuk operasinya. Sekarang masih dipantau oleh tim puskesmas," ujar Ikbal, kepada Banten Raya.
Mengenai informasi yang menyebutkan Mansur belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, ia menilai hal itu tidak benar. Sebab sejak tiga bulan lalu, pihaknya telah mengawal pengobatan Mansur mulai tingkat puskesmas hingga RSCM. "Jadi kalau memang tidak tersentuh menurut saya itu tidak benar. Sebab jauh sebelum adanya informasi ini sudah ditangani oleh tim kita," jelas dia.
Menurut Ikbal, pihaknya merujuk ke RSCM nasional lantaran rumah sakit daerah sudah tidak mampu untuk menangani penyakit tumor yang diidap Mansur. "Itu tumornya bukan tumor biasa," terangnya.
Meski demikian, lanjut dia, pihaknya siap akan terus mengawal agar proses pemeriksaan Mansur dapat terealisasi. "Saya sih pengennya bedahnya di rumah sakit daerah ya, tapi karena tidak ada, maka kami kirim ke rumah sakit rujukan nasional," jelas Ikbal.
Tak hanya itu, pihaknya juga siap mengantar jemput Mansur menggunakan armada ambulans puskesmas untuk berobat ke RSCM. "Kalau untuk kebutuhan ke RSCMnya nanti kita suport dari kita. Pake mobil ambulan," katanya.
Adapun untuk biaya kebutuhan hidup pasien sehari-hari, Ikbal menyebutkan hal itu menjadi ranahnya Dinas Sosial Kota Serang. "Sebetulnya dinkes sudah selesai. Kalau bantuan sosial mestinya dinsos. Kalau bantuan kesehatan sudah lama itu. Sudah dilakukan pemeriksaan dan BPJSnya juga kita yang ngurusin," bebernya.
Menanggapi hal ini, Plt Sekretaris Dinsos Kota Serang Mamah Rohmah menyarankan agar keluarga Mansur Setiawan membuat surat pengajuan yang ditujukan kepada Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kota Serang. "Coba buat proposal ditujukan ke Bazda mudah-mudahan bisa. Karena di dinsos gak ada bantuan untuk itu," kata Mamah, dihubungi via WhatsApp, Rabu (9/9) sore sekitar pukul 16.23. (harir)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook