Jakarta Overload, Banten Siap Tampung Limpahan Pasien Covid-19

Redaksi   |   Kesehatan  |   Jumat, 11 September 2020 - 09:24:10 WIB   |  dibaca: 244 kali
Jakarta Overload, Banten Siap Tampung Limpahan Pasien Covid-19

SERANG, BANTEN RAYA - Pemprov Banten memastikan siap menerima pasien Covid-19 dari Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Sebab, saat ini ruang rawat pasien terimbas pandemi tersebut masih cukup tersedia. 

Seperti diketahui, DKI Jakarta bakal memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat per 14 September. Hal itu dilakukan lantaran kenaikan kasus di ibukota negara terus naik secara signifikan. Dampaknya, rumah sakit diperkirakan akan segera mengalami over kapasitas jika kebijakan itu tak diterapkan. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, sejak awal pandemi masing-masing daerah di Jabodetabek dan sekitarnya sudah saling merawat pasien Covid-19 dari luar. Oleh karenanya, Banten pun saat ini siap menerima pasien dari DKI Jakarta.

"Selama berlangsungnya pandemi warga Jabodetabek ada yang dirawat di masing-masing daerah tersebut. Contoh ada warga DKI, Bekasi, Depok dan Bogor yang dirawat di RS di wilayah Provinsi Banten. Begitu juga sebaliknya, ada warga Banten yang dirawat di Jakarta, Bekasi, Depok dan Bogor," ujarnya kepada Banten Raya, Kamis (10/9) malam.

Ia menjelaskan, Pemprov Banten sendiri RSUD Banten untuk melayani pasien Covid-19 bersamaan dengan pelayanan kesehatan umum. Dari 250 ranjang, 100 diantaranya diperuntukkan bagi pasien yang terpapar virus asal Tiongkok tersebut. Andai, kapasitas ranjang sudah mendekati maksimal maka bisa saja RSUD Banten dioperasikan menjadi RS Pusat Rujukan Covid-19.

"150 untuk pasien non covid, 100 untuk pasien covid. Jika bed (ranjang-red)-nya sudah digunakan 90 kami akan siap kembali membuka seluruh bed untuk Covid-19," katanya.

Seperti diketahui, RSUD Banten pernah dioperasionalkan sebagai RS Pusat Rujukan Covid-19 Provinsi Banten sejak 25 Maret hingga 27 Juli. Hingga kini, RSUD milik Pemprov Banten itu sudah kembali membuka layanan umum sambil tetap menangani pasien Covid-19. (dewa)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook