Rawan Bencana, Warga Penancangan Dibekali Pelatihan Tanggap Darurat Bencana

Redaksi   |   Metro Serang  |   Rabu, 16 September 2020 - 09:54:40 WIB   |  dibaca: 275 kali
Rawan Bencana, Warga Penancangan Dibekali Pelatihan Tanggap Darurat Bencana

SERANG, BANTEN RAYA - Sebanyak 50 warga Kelurahan Penancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, dibekali pelatihan tanggap darurat bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang dan simulasi pencegahan bahaya kebakaran oleh Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Serang, yang dihelat di aula kantor Kelurahan Penancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang. Puluhan warga itu adalah ketua RT dan RW se Kelurahan Penancangan.

Lurah Penancangan Syarif mengatakan, pelatihan digelar untuk meningkatkan kemampuan serta kewaspadaan menangani bencana.

"Tujuan kegiatan ini agar masyarakat tau
bagaimana untuk awal penanggulangan bencana baik kebakaran atau pun bencana alam lainnya, sebelum petugas atau bantuan datang ke lokasi tempat kejadian bencana," ujar Syarif, ditemui di kantornya, Rabu (16/9) pagi sekitar pukul 08.30.

Ia menjelaskan, pihaknya memilih pelatihan tanggap darurat bencana dan simulasi pencegahan bahaya kebakaran, karena di wilayah Banten rawan gempa.

"Dan secara geografis Kelurahan Penancangan kontur tanah relatif datar, tiap tahun selalu terkena banjir. Dan lingkungan kita sebagian sudah padat pemukiman. Dengan pelatihan ini diharapkan ketika bencana tersebut ada, minimal kita sudah tau apa yang harus kita perbuat," jelas dia.

Syarif menyebutkan, para peserta tak hanya diberikan materi teori semata, namun juga pelatihan simulasi memadamkan kebakaran kompor gas, rumah, dan drum sampah.

"Karena di lingkungan kita kan sebagian sudah padat. Jauh dari akses jalan, ketika mobil damkar tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran, warga tanggap dan tau cara memadamkannya. Kalau dari BPBD hanya materi saja," terangnya. 

Ia mengungkapkan, kegiatan tersebut menggunakan dana kelurahan yang bersumber dari APBD dan APBN tahun 2020. 

"Sebelumnya pelatihan sablon buat para pemuda, sekarang pelatihan tanggap darurat bencana dan simulasi pencegahan bahaya kebakaran," ungkap Syarif. (harir)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook