Penyerahan Aset Pemkab Serang ke Pemkot Serang Dilakukan Bertahap

Redaksi   |   Metro Serang  |   Rabu, 16 September 2020 - 21:38:47 WIB   |  dibaca: 139 kali
Penyerahan Aset Pemkab Serang ke Pemkot Serang Dilakukan Bertahap

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin didampingi Sekda Kota Serang Tb Urip Henus mengikuti zoom meeting di kantor Diskominfo Kota Serang soal pembahasan aset pemekaran Serang, Rabu (16/9). 

SERANG, BANTEN RAYA- Penyerahan aset dari Pemkab Serang kepada Pemkot Serang akan dilakukan setelah Pemkab Serang memiliki kantor pusat pemerintahan. Meski demikian pelimpahan aset tersebut akan dilakukan secara bertahap. Hal ini dikatakan Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin usai mengikuti acara pembahasan aset pemekaran Serang melalui zoom meeting di kantor Diskominfo Kota Serang, Rabu (16/9).
Subadri mengatakan, dari hasil keputusan antara Pemkot Serang dengan Pemkab Serang yang difasilitasi oleh KPK, penyerahan aset akan dilakukan setelah Pemkab Serang memiliki kantor atau pusat pemerintahan. "Tapi tetap secara bertahap, dari keseluruhan. Namun ada tiga aset yang ditekankan harus diserahkan saat ini juga," ujar Subadri kepada awak media.
Ia menyebutkan, tiga aset yang akan diserahkan tersebut, yakni kantor MUI Kabupaten Serang di Jalan Yusuf Martadilaga (Yumaga), serta dua rumah dinas yang berada di Jalan Yumaga dan Cinanggung.
"Kenapa hanya tiga? Alasannya karena itu yang tidak dipakai oleh pemkab. Sedangkan untuk yang lainnya itu menyesuaikan dengan kemampuan mereka (pemkab)," ucap dia.
Subadri mengungkapkan, Pemkab Serang merasa khawatir apabila seluruh aset diserahkan, kemana mereka akan berdinas.
"Tapi saya selaku wakil walikota menjamin, Pemkab Serang akan tetap menggunakan aset itu. Tapi secara administrasi sudah diserahkan kepada Pemkot Serang dan akan kami berikan pinjam pakai kepada pemkab," ungkapnya.
Pihaknya berharap aset yang saat ini masih digunakan oleh Pemkab Serang diserahkan kepada Pemkot Serang. "Terlepas mereka (pemkab) masih menempati atau menggunakan gedung tersebut. Artinya, itikad baik mereka direalisasikan kepada kami, dan kami akan memilih jalur pinjam pakai untuk pemkab," ucap Subadri.
Namun Pemkab Serang tetap kukuh untuk tidak menyerahkan aset-aset tersebut kepada Pemkot Serang sebelum pemkab memiliki kantor sendiri. "Pemkab tetap keukeuh tidak akan menyerahkan kalau belum ada kantor pemkab. Tapi Alhamdulillah dengan dimediasi KPK ada kemajuan, tapi itu kembali lagi terhadap niatan pemkab kepada kami," katanya.
Pemkot Serang juga berharap polemik terkait penyerahan aset tersebut dapat ditengahi dan diputuskan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. "Kami sebetulnya meminta pemprov untuk hadir dan memutuskan polemik aset ini. Karena selama ini pemkot telah sabar selama ini, dan kami mengikuti sesuai aturan," ucap dia.
Soal penyerahan aset tersebut, akan menjadi angin segar bagi Pemkot Serang apabila Pemkab Serang telah menyerahkan seluruh aset kepada pemkot. "Tentu saja, angin segar itu kalau Pemkab Serang menyerahkan seluruh aset milik Pemkot Serang, seperti yang saya jelaskan tadi," katanya.(harir)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook