Hebooooh Warga Kota Serang Temukan Hewan Langka, Apa Itu??

Redaksi   |   Metro Serang  |   Selasa, 22 September 2020 - 12:10:38 WIB   |  dibaca: 224 kali
Hebooooh Warga Kota Serang Temukan Hewan Langka, Apa Itu??

DIAMANKAN - Trenggilin yang diamankan oleh warga Cibonteng diserahkan ke BKSDA untuk dilepas liarkan kembali kehabitat aslinya

SERANG, BANTEN RAYA - Seekor satwa dilindungi jenis trenggiling masuk ke lingkungan penduduk di Kampung Cibonteng, Kelurahan Lebakwangi, Kecamatan Walantaka, Kota Serang. Khawatir menjadi buruan, warga yang peduli langsung menangkapnya. 

 

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat seksi I Serang Uday Udaya mengatakan, awalnya hewan yang sudah cukup langka dan banyak dicari masyarakat itu ditemukan di kebun warga saat mencari makan.

 

"Trenggiling tersebut masuk ke kebun dan ditemukan warga. Karena khawatir masuk ke permukiman, dan khawatir diburu warga kemudian menangkapnya," katanya kepada Banten Raya, Selasa (22/9).

 

Menurut Uday, temuan trenggiling di Kota Serang itu baru kali pertama di Kota Serang. Apalagi populasi hewan yang memiliki nama latin Manis Javanicus sudah mulai sedikit.

 

"Karena masih ada yang peduli seorang warga atas nama Budi Santoso menyerahkannya kepada kami," ujarnya.

 

Uday mengapresiasi apa yang dilakukan warga Kampung Cibonteng tersebut. Menyerahkan hewan langka ke BKSDA merupakan langkah tepat untuk menyelamatkan hewan dilindungi tersebut.

 

"Kami ucapkan terima kasih, karena kesadaran masyarakat sudah mulai tumbuh. Kalau menemukan satwa langka atau liar jangan dibunuh, laporkan atau serahkan kepada kami," jelasnya. (darjat)

 

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook