Transmisi Lokal Mulai Mendominasi Penularan Covid-19, Ini Faktanya

Redaksi   |   Metro Serang  |   Jumat, 25 September 2020 - 09:02:00 WIB   |  dibaca: 215 kali
Transmisi Lokal Mulai Mendominasi Penularan Covid-19, Ini Faktanya

SERANG, BANTEN RAYA - Penularan Covid-19 di Provinsi Banten ini mulai didominasi oleh kasus transmisi lokal. Kondisi tersebut memungkinkan masih adanya potensi penyebaran virus lantaran belum ditemukannya vaksin sebagai penangkalnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, virus korona bertanggung jawab atas Covid-19 ditularkan antar manusia melalui kontak langsung, tetesan air liur saat berbicara, bersin atau batuk. Kemungkinan terbarunya adalah dalam bentuk aerosol menyebar di udara untuk rentang waktu yang cukup lama yakni delapan jam. Di Provinsi Banten sendiri saat ini penularannya tidak lagi didominasi oleh kasus impor, namun sudah terjadi kasus transmisi lokal yang cukup banyak. 

"Fakta bahwa selama vaksin Covid-19 belum ditemukan maka kemungkinan dan potensi penularan Covid-19 akan terus terjadi. Masyarakat tak boleh lengah, namun jangan pula panik, harus tetap awas dan peduli," ujarnya, Kamis (24/9) malam. 

Ia menuturkan, kondisi tersebut sepatutnya hal ini menjadi peringatan bagi kita semua warga masyarakat di Provinsi Banten. Itu tak terkecuali bagi pemerintah kabupaten/kota untuk lebih responsif dan proaktif dalam melakukan pengendalian kasus. 

"Terutama deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19 dan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19. Seiring dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) menuju tatanan masyarakat produktif dan aman," katanya. 

Mantan Direktur Utama RSUD Kota Tangerang itu menegaskan, progres dan capaian yang baik dalam penanganan Covid-19 tidak lain berkat kerja semua pihak serta kesadaran dan kepedulian dari masyarakat yang terus konsisten. Senantiasa terlibat dan memberi andil dalam pengendalian dan penanggulangan pandemi Covid-19. 

"Pastikan bahwa pada setiap kesempatan kita selalu disiplin dalam menerapkan Trilogi Protokol Kesehatan Covid-19. 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," tuturnya. (dewa)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook