34 Guru Honorer Dapat SK TPG 

Redaksi   |   Pandeglang  |   Jumat, 25 September 2020 - 20:55:39 WIB   |  dibaca: 1785 kali
34 Guru Honorer Dapat SK TPG 

Kepala Dindikbud Pandeglang Taufik Hidayat bersama TKS guru yang menerima SK TPG di Gedung PGRI Pandeglang, Jumat (25/9).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA – Sebanyak 34 guru tenaga kerja sukarela (TKS) mendapat petikan SK (surat keputusan) penetapan calon penerima tunjangan profesi guru yang ditandatangani Bupati Pandeglang, Irna Narulita. Setelah mendapatkan SK ini, guru ini berhak atas tunjangan profesi guru (TPG) sebesar Rp1,5 juta per bulan yang bersumber dari APBN.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pandeglang Taufik Hidayat menyatakan, Pemkab Pandeglang selama ini terus memperjuangan kesejahteraan guru honorer. 

“Tahun ini kami menargetkan 37 guru TKS yang mengajar di Satdik (satuan pendidikan) negeri dan telah lulus pendidikan profesi guru (PPG) dapat TPG. Alhamdulillah ada tiga guru yang telah bisa mencairkan TPG nya melalui mekanisme yayasan. Sisanya sebanyak 34 hari ini (kemarin-red) menerima petikan SK Bupati sebagai persyaratan proses pencairan TPG,” kata Taufik Hidayat, Jumat (25/9).

Masih kata Taufik, jumlah guru TKS di Kabupaten Pandeglang mencapai 3.853 orang dan semuanya akan diprioritaskan untuk mengikuti PPG guna pemenuhan kuota TPG. Dari ribuan honorer ini, guru TKK (tenaga kerja kontrak) ada sebanyak 750 orang dan 50 persennya sudah sertifikasi. 

“Guru TKK usia lanjut mengalami kesulitan menempuh mekanisme PPG, berulangkali ujian online gagal sehingga kerapkali guru TKK pun putus asa. Namun kami akan terus melakukan pembinaan kepada mereka,” tegasnya.

Saepudin, salah satu TKS penerima TPG mengaku senang bisa mendapatkan tambahan penghasilan setelah sekian lama mengabdi. “Saya lega setelah menerima petikan SK penerima TPG. Selama ini honor yang saya dapat dari mengajar sangat kecil dan belum memenuhi UMK (upah minimum kabupaten),” katanya. (muhaemin/budi)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook