10 Menit Puting Beliung, 26 Rumah Rusak

Redaksi   |   Pandeglang  |   Kamis, 01 Oktober 2020 - 21:16:32 WIB   |  dibaca: 152 kali
10 Menit Puting Beliung, 26 Rumah Rusak

RUSAK: Sejumlah rumah rusak berat akibat sapuan angin puting beliung di Kampung Leuwihoe, Desa Pasirloa, Kecamatan Sindangresmi, Kamis (1/10).

PANDEGLANG, BANTEN RAYAA - Angin puting beliung menerjang wilayah Kecamatan Sindangresmi, Kamis (1/10) siang. Akibatnya ada 26 rumah penduduk Kampung Leuwihoe, RT 01 RW 05, Desa Pasirloa, Kecamatan Sindangresmi mengalami kerusakan terutama di bagian atap. Tidak ada korban jiwa dalam musibah, namun ada seorang warga yang mengalami luka tertimpa material rumah.

Berdasaskan informasi yang dihimpun, angin puting beliung terjadi bersamaan dengan turunnya hujan deras. Kencangnya tiupan angin dan berlangsung sekitar 10 menit ini membuat suasana kampung mencekam karena banyak ranting dan dahan pohon yang berterbangan terbawa angin dan menimpa rumah.

Beberapa rumah semi permanen rata-rata rusak di bagian atapnya. Kencangnya tiupan angin juga membuat tiang listrik roboh dan memutuskan jaringan listrik.  Saat angin kencang menerpa, kampung dalam keadaan sepi karena penghuninya rata-rata berada di sawah dan kebun.

Sardi (50), seorang warga yang rumahnya rusak akibat angin menyatakan tiupan angin menimbulkan suara gemuruh. “Baru kali ini saya mendengar suara angin seperti itu (gemuruh). Alhamdulillah saya selamat tapi rumah saya rusak atapnya,” kata Sardi.

Kepala Desa Pasirloa Imron Rosadi membenarkan bahwa ada puluhan rumah yang rusak akibat angin puting beliung. Kades juga mengaku mendapat laporan ada seorang warganya yang luka tertimpa material rumah. “Kami mendata sementara baru ada 26 rumah yang rusak bagian atapnya. Ada juga satu orang warga luka karena saat kejadian ada di rumah,” kata Imron.

Sambil melakukan pendataan kerusakan akibat angin, kades mengimbau kepada warga untuk tetap waspada karena cuaca di wilayah Sindangresmi tidak bersahabat ditandai hujan deras dan angin kencang.
“Sudah satu minggu ini cuaca  sangat buruk. Kami harap warga waspada,” jelasnya. (muhaemin/budi)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook