Ruang Covid-19 RSUD Serang Overload

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 02 Oktober 2020 - 11:28:47 WIB   |  dibaca: 158 kali
Ruang Covid-19 RSUD Serang Overload

MELEBIHI KAPASITAS: RSDP Serang sebagai rujukan rumah sakit untuk pasien Covid-19 kekurangan ruang perawatan karena jumlah pasien yang terus bertambah.

SERANG, BANTEN RAYA - DPRD Kabupaten Serang mendorong Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang menambah ruang perawatan pasien Covid-19. Penambahan perlu dilakukan karena jumlah kasus Covid-19 dari hari ke hari terus mengalami penambahan yang signifikan sehingga potensi pasien yang masuk ke RSDP Serang terus bertambah.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang Mansur Barmawi mengatakan, kapasitas RSDP Serang memang saat ini terbatas, namun pasien yang masuk ke RSDP harus tetap diakomodasi dan dilayani. "Memang kapasitas di RSDP itu kan sangat terbatas, kalau mau ada perluasan harus ke atas dan biayanya pasti mahal. Jadi saat ini tinggal pengaturannya saja," ujar Mansur, Kamis (1/10).

Ia menjelaskan, jika jumlah pasien Covid-19 yang masuk ke RSDP Serang terus bertambah maka pihak RSDP Serang mau tidak mau harus menambah ruangan lagi. "Kalau banyak yang masuk maka harus ditambah ruang perawatan Covid-19. Tentu risikonya ruangan untuk pasien non Covid-19 akan berkurang. Soal pasien dari kabupaten/kota mana tidak bisa dibatasi karena ini bencana non alam," katanya.

Terpisah, Humas RSDP Serang Khoirul Anam mengungkapkan, ruang pasien Covid-19 di RSDP Serang berjumlah 41 namun saat ini terisi penuh. "Ruang perawatan pasien Covid-19 penuh terisi semua. Pasien yang datang ke RSDP terus bertambah. Pasien ada dari Kabupaten Serang, ada dari Kota Serang, dan ada juga dari Kota Cilegon. Padahal, kita sudah menambah ruangan," kata Anam.

Ia mengungkapkan, sebelumnya ruangan pasien Covid-19 hanya menggunakan ruangan Muzdalifah dan ruangan Mina, namun karena banyaknya pasien Covid-19 yang masuk pihak RSDP menjadikan ruang Arafah sebagai ruang perawatan pasien Covid-19. "Kita terus melakukan rapat koordinasi dengan semua rumah sakit yang ada di Kota Serang dan Kabupaten Serang," tuturnya. (tanjung/fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook