270 Pelajar Demo Omnibus Law Diamankan, 1 Ditahan karena Bawa Narkoba

Redaksi   |   Hukum  |   Sabtu, 10 Oktober 2020 - 14:36:34 WIB   |  dibaca: 116 kali
270 Pelajar Demo Omnibus Law Diamankan, 1 Ditahan karena Bawa Narkoba

SERANG, BANTEN RAYA - Selama aksi penolakan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja, Kepolisian Daerah (Polda) Banten dan Polres Jajaran mengamankan 270 pelajar. Satu di antaranya masih di tahan karena membawa narkoba saat aksi.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan berdasarkan data yang diperolehnya, baik dari Polda Banten, Polres Cilegon, Polres Serang dan Polresta Tangerang, sebanyak 270 pelajar diamankan saat akan ikut menolak Omnibus Law di wilayah hukum Polda Banten. 

"Ratusan pelajar yang didominasi oleh pelajar SMK, kita amankan," katanya kepada Banten Raya, Sabtu (10/10)

Edy menjelaskan, dari keterangan yang diperoleh, ratusan pelajar yang diamankan polisi, hanya terbawa arus lingkungan, seperti diajak ikut demo oleh kelompoknya melalui pesan WhatsApp dan dari media sosial.

"Bahkan mereka sendiri enggak tahu tujuan unjuk rasanya apa, mau ke mana, diajak ikut saja," jelasnya.

Lebih lanjut, Edy mengungkapkan, dari ratusan pelajar yang diamankan, ada satu pelajar yang akan diproses hukum lantaran kedapatan membawa narkoba. Pelajar lainnya telah dipulangkan ke orangtuanya masing-masing.

"Satu pelajar yang diamankan oleh Polresta Tangerang membawa tembakau yang diduga tembakau gorila," ungkapnya.

Edy menegaskan pelajar yang terbukti melakukan tindak pidana, justru akan merugikan pelajar itu sendiri. Sebab kepolisian tidak akan mengeluarkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

"Para orang tua juga punya peran penting untuk ikut mengedukasi anaknya, untuk memantau aktivitasnya (agar tidak ikut demo)," tegasnya. (darjat)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook