Program KOTAKU Menata Banten dan Ketapang Dengan Merubah Wajah Kawasan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 13 Oktober 2020 - 12:25:31 WIB   |  dibaca: 123 kali
Program KOTAKU Menata Banten dan Ketapang Dengan Merubah Wajah Kawasan

SERANG - Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) merupakan salah satu program nasional dalam mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) 2020 - 2024, yang diharapkan dapat berkontribusi dalam pengurangan kawasan kumuh di wilayah perkotaan.

Untuk mewujudkan program tersebut, Direktorat Jenderal Cipta Karya menginisiasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) sesuai dengan platform dan arah kebijakan untuk mewujudkan kota menuju layak huni dan berkelanjutan dan untuk mencapainya diperlukan sebuah konsep, dalam hal ini Program KOTAKU yang selanjutnya akan  melaksanakan program  skala  kawasan yang  terintegrasi  dengan  skala lingkungan, untuk melakukan penanganan permukiman kumuh melalui pendekatan satu data, satu perencanaan dan satu peta untuk semua, serta mengintegrasikan pemangku kepentingan.

Diharapkan dengan adanya konsep ini kita dapat mencapai target pengurangan area kumuh dengan merubah wajah permukiman, dan memperoleh infrastruktur yang berkualitas, berfungsi maksimal dan terpelihara.

Sebagai implementasi percepatan penanganan kawasan kumuh, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten tengah melaksanaan peningkatan infrastruktur skala kawasan tahun 2020, tepatnya di Kelurahan Banten Kecamatan Banten Kota Serang dan Desa Ketapang Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang.

Untuk Kelurahan Banten infrastruktur tahap I tahun 2020 yang dibangun adalah penataan kawasan permukiman di bantaran kali sodetan bending karet dengan menelan biaya sebesar Rp, 8,63 Milyar dari anggaran APBN tahun 2020, progress pembangunan tersebut telah mencapai 60% lebih, dengan target pembangunan akan selesai pada bulan Desember 2020, sedangkan untuk Tahap 2 skala kawasan Banten akan dilaksanakan pada tahun 2021 setelah dilakukan pembebasan lahan permukiman  di bantaran kali tersebut oleh Pemerintah Kota Serang dengan Anggran APBD tahun 2021.

Adapun kegiatan lainnya skala kawasan berada di Kabupaten Tangerang tepatnya di Desa Katapang Kecamatan Mauk dengan konsep wisata penataan Pesisir Pantai Utara Mauk, dimana KOTAKU sedang melakukan pembanguan skala kawasan tersebut dengan menelan anggaran sebesar Rp. 13 Milyar APBN tahun 2020, di kawasan ini akan dibangun beberapa fasilitas umum dengan konsep wisata, output dari kegiatan Infrastruktur skala kawasan dengan merubah wajah

permukiman tidak lain untuk terciptanya 0% kumuh dan dapat mensejahterakan masyarakat MBR (masyarakat berpenghasilan rendah-red) disekitar lokasi tersebut. Skala kawasan  Program KOTAKU terintegrasi dengan skala lingkungan dalam melakukan perbaikan infrastruktur untuk mencapai target nol kumuh di Provinsi Banten.

Program ini meliputi 7 kota/kabupaten di Banten yaitu: Kota Serang, Kota Cilegon, Kab. Pandeglang, Kab. Lebak, Kab, Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, dengan anggaran skala lingkungan pada tahun 2020 APBN sebesar 13 milyar untuk 13 desa dengan masing-masing 1 milyar per desa/kelurahan yang tersebar di Provinsi Banten.(Hauna/*)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook