Pengiriman Ikan Cupang Banten Cetak Rekor! Segini Jumlahnya

Redaksi   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 14 Oktober 2020 - 12:15:12 WIB   |  dibaca: 244 kali
Pengiriman Ikan Cupang Banten Cetak Rekor! Segini Jumlahnya

CILEGON, BANTEN RAYA- Pengiriman ikan cupang dari daerah Banten ke berbagai kota di Indonesia mengalami peningkatan sangat signifikan. Hingga Oktober 2020 ikan cupang yang dikirim ke luar daerah mengalami peningkatan 15 kali lipat dibandingkan pada 2019 lalu. 

Kepala Sub Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Informasi pada Kantor Stasiun Karantina Ikan Merak Muklasin mengatakan, pengiriman ikan cupang dari Banten ke berbagai wilayah di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada tahun 2020. 

"Pada 2019 lalu, setahun hanya 1.445 ekor ikan cupang yang dikirim ke berbagai kota di Indonesia. Pada 2020 ini hingga 13 Oktober sebanyak 20.828 ekor ikan dikirim ke berbagai kota," kata Muklasin kepada Banten Raya, Rabu (14/10).

Muklasin tidak mengetahui secara pasti penyebab lonjakan pengiriman ikan cupang yang cukup drastis. Namun Ia mengira saat ini semakin banyak kolektor ikan cupang. "Memang sekarang lagi booming ikan cupang, mungkin itu menjadi salah satu faktornya. Kami mencatat, peningkatannya sudah 15 kali lipat, padahal baru pertengahan Oktober," katanya. 

Dikatakan Muklasin, pada tahun lalu hanya ada 69 kali pengiriman. Sedangkan pada tahun ini hingga pertengahan Oktober sudah mencapai 302 kali pengiriman. "Pengiriman biasanya via darat dengan truk ekspedisi," katanya. 

Pengiriman paling banyak yaitu ke Medan, Bandar Lampung dan Banjarmasin. (gillang)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook