Desember, Korban Tsunami Mulai Tempati Huntap

Redaksi   |   Pandeglang  |   Kamis, 15 Oktober 2020 - 21:23:49 WIB   |  dibaca: 161 kali
Desember, Korban Tsunami Mulai Tempati Huntap

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Pembangunan hunian tetap (huntap) untuk korban tsunami Selat Sunda mulai rampung. Ditargetkan pada Desember 2020 mendatang, huntap tersebut sudah dapat dihuni para korban tsunami. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang Surya Darmawan mengatakan, progres pembangunan huntap di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Carita dalam tahap proses finishing. 

"Alhamdulilah huntap untuk wilayah Sumur sudah hampir 100 persen, tersebar di Desa Ujung Jaya, Cigorondong, Tunggal Jaya, Taman Jaya, dan untuk Carita sekitar 90 persen," kata Surya, Kamis (15/10). 

Surya menilai bangunan huntap itu dalam waktu dekat akan dilakukan pengecekan. Pihaknya menginginkan bangunan huntap tidak ada kerusakan. "Belum kita cek, nanti mau kita cek ke lapangan karena mungkin saja ada beberapa bangunan yang harus diperbaiki," ujarnya. 

Dia menargetkan, huntap dapat ditempati tahun ini oleh para korban tsunami. "Kami ingin Desember sudah selesai dan bisa dihuni sama korban tsunami," ujarnya. 

Menurutnya, huntap akan dihuni oleh ratusan korban tsunami. Huntap untuk korban tsunami dari Kecamatan Sumur totalnya ada 88 unit, dan untuk Carita ada 32 unit. "Total keseluruhan korban yang menghuni huntap ada 120 KK (kepala keluarga) yang rumahnya rusak berat akibat bencana tsunami Selat Sunda tahun 2018," terangnya. 

Tidak hanya Sumur dan Carita, Surya menjelaskan, saat ini pemerintah tengah membangun huntap untuk korban tsunami di Panimbang dan Labuan. "Kalau untuk huntap yang di Panimbang sama Labuan dalam tahap pembangunan, dan mulai mengajukan termin. Total huntap yang dibangun di Labuan 206 unit dan untuk Panimbang 155 unit," jelasnya. 

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Pandeglang Lilis Sulistiati menargetkan huntap akan selesai tahun 2020. "Ya, targetnya tahun ini semua huntap selesai dan ditempati sama warga korban tsunami," tuturnya. (yanadi)

MULAI RAMPUNG: Bangunan huntap di Kecamatan Carita mulai rampung, kemarin.

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook