Peduli Terhadap Pencak Silat, Yana Ajak Paguron Dukung Tatu-Pandji

Redaksi   |   Serang Raya  |   Jumat, 16 Oktober 2020 - 07:50:35 WIB   |  dibaca: 103 kali
Peduli Terhadap Pencak Silat, Yana Ajak Paguron Dukung Tatu-Pandji

SERANG, BANTEN RAYA - Perhatian pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Serang Rt Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa selama menjabat bupati dan wakil bupati Serang terhadap pelestarian seni budaya pencak silat menjadi catatan tersendiri bagi para paguron di Kabupaten Serang.

Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Serang Yana Suryana mengatakan, sejak awal memimpin Kabupaten Serang Tatu-Pandji terus memperhatikan keberadaan pencak silat di Kabupaten Serang. Dari perhatiannya itu, Tatu menciptakan Silat Kaserangan.

"Waktu awal-awal Ibu Tatu memimpin kami dari IPSI diajak ngobrol sama bu Tatu terkait dengan pengembangan dan pelestarian pencak silat. Alhamdulilah perhatian bu Tatu itu direspons positif oleh teman-teman paguron," ujar Yana kepada Banten Raya, Kamis (15/10)

Ia mengungkapkan, rapat-rapat awal membicarakan pengembangan pencak silat tersebut dilakukan di kediaman Tatu di Bandung, Jawa Barat. "Bayangan saya rumah Bu Tatu yang di Bandung itu besar dan mewah tapi ternyata rumahnya biasa saja dengan rumah-rumah yang lain pada umumnya," katanya.

Yana mengungkapkan, banyak paguron yang menanyakan terkait majunya kembali Tatu-Pandji sebagai calon bupati dan wakil bupati Serang pada pilkada tahun ini.

"Akhirnya, kami menggelar rapat dengan pengurus IPSI dan perwakilan ketua paguron dan hadir 300 paguron dan hasilnya sikap IPSI netral," tuturnya.

Sebagai ketua IPSI, Yana menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing paguron untuk menetukan sikap politiknya, ia hanya menyampaikan kepada para pimpinan paguron jika Tatu-Pandji telah memiliki perhatian terhadap pencak silat.

"Kami terus berdiskusi di grup WA dan masing-masing paguron telah menggelar rapat terkait sikap politiknya. Dan Alhamdulillah 98 persen paguron mendukung bu Tatu dan pak Pandji. Ada tiga pimpinan paguron yang keluar dari grup WA dan mendukung Nasrul-Eki itu karena hubungan saudara," ungkapnya.

Lantaran perhatian Tatu-Pandji yang penuh terhadap kemajuan senin pencak silat itu, Yana terus mengajak para paguron untuk all-out memenangkan Tatu-Pandji. "Kita sudah membentuk relawan namanya Balad Ratu Tatu yang diketuai Pak Medi Subandi. Yang sudah benar-benar kelihatan all-out seperti bandrong, TTKKDH, dan beberapa paguron lainnya," katanya. (Tanjung)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook