Ada PSBB, Kasus Covid di Cilegon Malah Meningkat 3 Kali Lipat

Redaksi   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 21 Oktober 2020 - 16:40:32 WIB   |  dibaca: 315 kali
Ada PSBB, Kasus Covid di Cilegon Malah Meningkat 3 Kali Lipat

CILEGON, BANTEN RAYA - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Cilegon ternyata belum efektif. Hal itu terlihat dari sepanjang PSBB dari 10 September sampai 20 Oktober, angka warga terkonfirmasi positif di mencapai 489 kasus, atau meningkat sebanyak 3 kali lipat dibanding sebelumnya sebelum PSBB.

Diketahui berdasarkan peta sebaran Covid-19 Kota Cilegon, angka terkonfirmasi positif Covid-19 pada 10 September mencapai 198 kasus. Namun pada 20 Oktober PSBB selesai, angka itu meningkat sebanyak 489 kasus menjadi total 687 kasus. Tak hanya itu, angka kematian juga meningkat 2 kali lipat dari dari 8 warga menjadi 19 warga sepanjang PSBB.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade Putra menjelaskan, peningkatan tersebut dasarnya bukan efektif atau tidak PSBB yang dilakukan, namun memang karena kesadaran warga dalam penerapan protokol yang masih rendah.

“Dasarnya bukan PSBB-nya (efektif atau tidak) tetapi kesadaran masyarakat. Sebab, aturannya sudah benar dari pemerintah,” katanya kepada Banten Raya, Rabu (21/10).

Aziz menjelaskan, Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PSBB, sehingga langkah selanjutnya bisa diambil usai PSBB selesai.

“Nanti akan rapat lagi dengan Satgas bagaimana langkah selanjutnya,” imbuhnya. (uri)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook