Mangstaaab! Pemkot Serang Dapat Penghargaan dari Kemenkeu dan KPPN

Redaksi   |   Metro Serang  |   Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:24:42 WIB   |  dibaca: 171 kali
Mangstaaab! Pemkot Serang Dapat Penghargaan dari Kemenkeu dan KPPN

SERANG, BANTEN RAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam penyajian laporan keuangannya. Penghargaan tersebut didapat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Dengan demikian, Kota Serang telah meraih  penghargaan dari Kemenkeu RI dua kali berturut-turut.

Secara simbolis penyerahan penghargaan opini WTP diberikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, secara daring beberapa waktu lalu. Sedangkan pemberian penghargaan berbentuk piagam kepada Walikota, diwakili oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan (KPPN) Serang di ruang kerja Walikota di Setda lantai 2 Puspemkot Serang, Kota Serang, Kamis (2/10).

Kepala KPPN Serang Wimpie Defianto mengatakan, kedatangannya ke Puspemkot Serang untuk menyerahkan penghargaan dari Menkeu RI kepada Pemkot Serang. Ia mengatakan, Pemkot Serang telah mendapatkan opini WTP dalam penyajian laporan keuangan tahun 2019.

"Tadi diterima langsung oleh pak Walikota Serang. Artinya, laporan keuangan dari Pemkot Serang sudah akuntabel. WTP artinya mutlak tidak ada catatan, sangat akuntabel," kata Wimpie, ditemui usai penyerahan penghargaan.

Ia menjelaskan, pemberian penghargaan opini WTP kepada Pemkot Serang bukan tanpa alasan. Menurutnya, penyajian laporan keuangan dari Pemkot Serang sudah memenuhi dan sejalan dengan kaidah-kaidah pencatatan akuntansi.

"Semua transaksi dilakukan, dicatat dan disajikan secara akuntabel. Jadi itu sudah benar sesuai dengan kaidah akuntansi. Semoga ini bisa dipertahankan," ucap dia.

Sementara itu Walikota Serang Syafrudin mengatakan, pemberian penghargaan dari Kemenkeu RI merupakan suatu kebanggaan bagi warga Kota Serang. Ia mengatakan, pemberian penghargaan tersebut merupakan kelanjutan dari penyematan opini WTP secara daring beberapa waktu yang lalu.

"Disamping dari BPK, Kota Serang juga mendapatkan penghargaan opini WTP dari Menkeu. Kemarin sudah secara virtual, sekarang diberikan piagamnya melalui KPPN Serang," ujar Syafrudin.

Ia menyatakan, penghargaan ini menjadi bukti bahwa Pemkot Serang sudah bisa menggunakan anggaran secara baik dan akuntabel.

"Ini penilaian yang sangat luar biasa. Berarti Kota Serang sudah bisa menggunakan anggaran dengan baik. Kedepannya insyaAllah dapat dipertahankan dan juga dapat ditingkatkan," katanya.

Sedangkan Kepala BPKAD Kota Serang, Wachyu B. Kristiawan, menerangkan, Kota Serang telah mendapatkan opini WTP sebanyak tiga kali berturut-turut. Namun untuk penghargaan dari Kemenkeu, baru dua kali didapat.

"Kalau penghargaan yang kedua, tapi kami WTP yang ketiga kalinya. Nah bu Menteri Keuangan itu baru tahun kemarin memberikan penghargaan seperti ini. Dan tahun ini kami mendapatkan kembali penghargaannya," terang Wachyu. (harir)
 

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook