Perbaikan Drainase di Jalan Sochari Butuh Duit Rp 3,7 Miliar

Redaksi   |   Metro Serang  |   Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:26:45 WIB   |  dibaca: 144 kali
Perbaikan Drainase di Jalan Sochari Butuh Duit Rp 3,7 Miliar

Drainase Jalan Sochari Diperbaiki : Suasana Jalan Sochari, Kota Serang yang drainasenya diperbaiki, Kamis (22/10). Perbaikan ini menelan anggran 3,7 milyar. 

SERANG, BANTEN RAYA- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang mengalokasikan anggaran untuk pembangunan drainase (saluran air) di sepanjang ruas Jalan KH Sochari, Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Kota Serang, sebesar Rp 3,7 miliar dari APBD Kota Serang tahun 2020. Pembangunan infrastruktur drainase itu dalam rangka pengendalian banjir, mengingat di ruas Jalan KH Sochari sering banjir saat musim hujan.
Kepala DPUPR Kota Serang M Ridwan mengatakan, sepanjang Jalan KH Sochari bila musim hujan kerap terjadi genangan air hujan. Penyebab lainnya, air yang dari Cijawa masuk ke dalam melalui drainase di sepanjang Jalan KH Sochari. Sedangkan drainase di Jalan KH Sochari sedimentasinya sangat tinggi, dan dimensinya juga kurang memadai, sehingga air yang di dalam drainase meluap ke permukaan sepanjang Jalan KH Sochari.
"Nah melalui program sekarang kita akan membangun saluran drainase sepanjang Jalan Sochari," ujar Ridwan kepada Banten Raya, ditemui di Setda Puspemkot Serang, Kota Serang, Kamis (22/10).
Untuk sementara ini pihaknya berkonsentrasi di Jalan KH Sochari. Namun pada APBD Perubahan tahun 2020 ini, pihaknya tengah menyusun DED pembangunan drainase di Jalan Tb Sueb.
"Mungkin yang Jalan Khozin juga sama, yang Jalan Cikepuh juga yang kita bangun peninggian permukaan jalan dengan cor. Kita akan susun perencanaan DED-nya untuk drainasenya," ucap dia.
Ia menargetkan, pembangunan drainase di ruas Jalan Sochari rampung akhir tahun 2020. "Oh Desember selesai. Ya karena tahun anggaran jadi harus selesai. Karena kontraknya sampai Desember," katanya.
Namun untuk target pembangunan drainase di ruas Jalan Khozin dan Cikepuh, Ridwan memprediksi tahun 2021. "Mudah-mudahan tahun 2021 kalau kita bisa laksanakan," terang Ridwan.
Ia menjelaskan, secara umum persiapan infrastruktur drainase dalam rangka menghadapi musim hujan sudah optimal. Sebab, ada beberapa ruas jalan di Kota Serang yang sudah mulai dibersihkan di antaranya Citra Gading dan Serang Hijau.
"Terus sampai ke Utara sudah kita bersihkan, Puri anggrek juga kita sudah mulai bersihkan. Mungkin Persada karena kan ada bangunan pembagail, Nah itu yang akan kita koordinasi dengan C3 supaya saat hujan bisa dibuka," jelasnya.
Sementara itu, Kepala DPRKP Kota Serang Iwan Sunardi mengatakan, penebangan pohon di sepanjang ruas Jalan KH Sochari merupakan upaya sinergi antar OPD yakni DPRKP dengan DPUPR, dalam menyelesaikan persoalan banjir di Kota Serang.
"Pertama kondisi pohon sudah tua, kedua karena ada pembangunan drainase dan pedistrian yang menghambat terhadap program dari DPUPR untuk pengendalian banjir. Jadi kita biar sinergi," ujar Iwan. (harir/rahmat)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook