Ini Permintaan Apindo Terkait Upah Minimum Banten Tahun 2021

Redaksi   |   Metro Serang  |   Selasa, 27 Oktober 2020 - 14:41:55 WIB   |  dibaca: 231 kali
Ini Permintaan Apindo Terkait Upah Minimum Banten Tahun 2021

SERANG, BANTEN RAYA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Provinsi Banten meminta agar upah minimum provinsi (UMP) Banten 2021 tak mengalami kenaikan. Hal itu sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pemerintah pusat. 

Seperti diketahui, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memutuskan untuk tidak menaikkan upah minimum 2021. Upah minimum tahun depan diputuskan sama dengan tahun ini.

Hal itu berdasarkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/ll/HK .04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Kita mengikuti sesuai edaran dari Kementerian Tenaga Kerja. Kita tetap mengikuti regulasi, " ujar Kepala Bidang Perizinan Apindo Provinsi Banten Edi Warman di sela-sela raapt Dewan Pengupahan Provinsi Banten di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, Selasa (27/10).

Ia menuturkan, rekomendasi agar UMP Banten 2021telah disampaikan dalam rapat tersebut. Selain instruksi pemerintah pusat, keputusan itu juga didasari pada kondisi perusabaan di Banten. Tanpa pandemi Covid-19 banyak perusahaan yang merasa berat menerapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2020. 

"Kami-kami sebenarnya juga menerapkan upah minimum 2020 sudah ada yang berat. Kondisi situasi covid seperti ini, kita hanya memertahankan agar tidak ada PHK (pemutusan hubungan kerja)," katanya.

Disinggung jika pada akhirnya keputusan akhir upah minimum tetap naik pihaknya enggan memberikan komentar. Dia menyerahkan seluruh kepada keputusam Gubernur Banten.

"Nanti kita hanya menyampaikan rekomendasi ke gubernur, nanti gubernur yang memutuskan seperti apa.  Kalau pun ada perusahaan dari Apindo ada yang mampu Insya Allah bisa menaikan secara bipartit. Dari Apindo begini dari SP/SB  (serikat pekerja serikat buruh) seperti ini. Akhirnya gubernur lah yang akan memutuskan," tuturnya. (dewa)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook