Over Kapasitas, Puluhan Napi Rutan Serang Dipindahkan

Redaksi   |   Metro Serang  |   Selasa, 27 Oktober 2020 - 19:29:27 WIB   |  dibaca: 154 kali
Over Kapasitas, Puluhan Napi Rutan Serang Dipindahkan

DIPINDAH - Mencegah terjadinya over kapasitas di Rutan Serang, narapidana dipindah ke sejumlah Lapas di wilayah Banten.

SERANG, BANTEN RAYA - Sebanyak 36 narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Serang dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Serang, Cilegon dan Lapas Pemuda Tangerang, Selasa (27/10). Pemindahan napi ini bertujuan mengurangi over kapasitas dan meminimalisasi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam rutan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Serang Indra Kharisma Simanjuntak mengatakan, puluhan napi tersebut dipindah ketiga lokasi, 15 orang narapidana Ke Lapas kelas IIA Cilegon, 15 narapidana ke Lapas Serang dan 6 orang ke LPP tangerang.

"Untuk pemindahan warga binaan dilakukan dengan pengawalan ketat. Setiap UPT yang pemindahan dikawal 2 orang staf yantah dan 2 orang staf pengamanan," katanya kepada Banten Raya.

Indra menambahkan, saat ini Rutan Serang diisi sedikitnya 602 tahanan. Sedangkan kapasitas rutan hanya dapat menampung 425 narapidana, sehingga rutan mengalami over kapasitas.

“Agar rutan tetap aman dan kondusif, kita sering melakukan mutasi sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang ada,” tambahnya.

Rencananya, Indra menjelaskan, secara keseluruhan ada beberapa napi yang akan dipindahkan kembali. Namun pemindahan akan dilakukan secara bertahap.

"Pelaksanaan mutasi narapidana akan dilakukan secara berkala setiap minggunnya,” ujarnya. (darjat)

 

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook