Jelang STQ II, Walikota: MTQ Bukan Sekadar Prestasi, Tapi Prestise

Redaksi   |   Metro Serang  |   Selasa, 27 Oktober 2020 - 19:31:23 WIB   |  dibaca: 261 kali
Jelang STQ II, Walikota: MTQ Bukan Sekadar Prestasi, Tapi Prestise

SERANG, BANTEN RAYA - Walikota Serang menargetkan Kota Serang dapat membenahi prestasi pada kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Banten dan nasional. Sebab perhelatan MTQ bukan sekadar ajang prestasi, melainkan juga prestise atau harga diri daerah. Maka bila Kota Serang kembali kalah pada MTQ tingkat provinsi, Kota Serang akan tercoreng sebagai kota santri. 

Pernyataan ini disampaikan Walikota Serang Syafrudin seusai membuka kegiatan orientasi dewan hakim, panitera dan pemandu Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat II Kota Serang di Hotel Flamengo, Kota Serang, Selasa (27/10).

"STQ atau MTQ merupakan itu salah satu ajang prestasi, juga prestise atau harga diri Kota Serang," ujar Syafrudin, kepada Banten Raya.

Ia menjelaskan, harga diri yang dimaksud yakni anggapan orang banyak bahwa Kota Serang merupakan Kota Santri, yang memiliki banyak qari-qariah yang kualitasnya setara tingkat regional dan nasional.

"Jadi Kota Serang ini dikenal banyak orang qari-qariahnya sudah tingkat nasional dan internasional, tapi ketika tampil di ajang sama di tingkat provinsi, nasional malah diurutan yang tidak sesuai harapan. Maka kami menekankan untuk bisa membawa nama baik Kota Serang di ajang MTQ tingkat provinsi bahkan nasional," ucap dia.

Karena itu, Syafrudin meminta Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Serang, agar dapat mengembangkan potensi qari-qariah Kota Serang. Ia juga mengatakan, jangan sampai qari-qariah Kota Serang justru ditarik oleh kabupaten kota lain.

"Ini saya rasa tugas dari LPTQ Kota Serang agar dapat mengembangkan potensi qari qariah Kota Serang. Karena sudah banyak qari-qariah Kota Serang yang malah ditarik oleh kota dan kabupaten lain," ucapnya.

Ia juga berharap pada LPTQ tingkat kecamatan untuk menggali potensi dari qari-qariah yang ada di wilayahnya. Dengan demikian, MTQ nanti dapat memberikan hasil yang memuaskan.

"Ya saya kira harus menggali potensi dari masing-masing kecamatan, sehingga akan menghasilkan putra-putri daerah yang berprestasi, insya Allah mudah-mudahan kami dorong sampai ke tingkat nasional," harapnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Harian LPTQ Kota Serang, Shobari HS menegaskan kepada seluruh LPTQ kecamatan agar dapat menggali potensi warga di wilayahnya. Sebab dari berbagai cabang yang dilombakan, pihaknya akan memprioritaskan peserta lokal.

"Kami juga bekerjasama dengan Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) yang ada di Kota Serang. Dari berbagai cabang, apabila ada yang mumpuni untuk diajak, maka kami ajak. Namun kami tetap prioritaskan peserta lokal dari warga Kota Serang," kata Shobari.

Ia membenarkan, Kota Serang sebenarnya memiliki potensi yang besar dalam hal Tilawah Quran. Meskipun ia baru menjabat sebagai ketua harian beberapa waktu yang lalu, namun Shobari optimis Kota Serang mampu memperbaiki peringkat masuk dalam tiga besar di ajang MTQ tingkat provinsi.

"Kami optimistis Kota Serang dapat masuk dalam tiga besar. Kami saat ini sengaja mengawali pelaksanaan STQ dibanding kota dan kabupaten lain. Kami akan jaring semua qari-qariah yang andal di Kota Serang," tandasnya. (harir)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook