Pemprov Berencana Bangun TPA Regional, di Sini Nih Lokasinya

Redaksi   |   Metro Serang  |   Jumat, 30 Oktober 2020 - 12:40:39 WIB   |  dibaca: 611 kali
Pemprov Berencana Bangun TPA Regional, di Sini Nih Lokasinya

SERANG, BANTEN RAYA - Pemprov Banten berencana membangun sebuah tempat pembuangan akhir (TPA) sampah regional di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, dalam waktu dekat. Hal tersebut dilakukan sebagai solusi masalah persampahan di Banten. 

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, sampah saat ini masih menjadi persoalan tersendiri, khususnya di Tangerang Raya. Meski tersedia TPA di Kota Tangerang Selatan namun kapasitasnya sudah terlalu penuh dan bahkan pernah terjadi longsor. Dengan demikiam dirasa perlu adanya TPA regional.

"Kebutuhan dari Kota Tangerang Selatan, Tangerang Kabupaten, Tangerang Kota, dan Serang. Provinsi yang melakukan pengadaannya, yang melakukan pembangunannya. Tapi kota/kabupaten untuk membawa sampahnya ke situ dengan memberi retribusi,” ujar pria yang akrab disapa WH ini, kemarin.

Ia mengungkapkan, untuk lokasi TPA direncanakan berada di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak. Soal kapan fasilitas itu dibangun, WH masih enggan memaparkannya. Kepastian pembangunan akan bergantung dari situasi dam kondisi yang berlembang.

“Itukan baru kita umumin, TPA regional, baru kita mulai rancang. Mengantisipasi kota yang terus berkembang,” katanya. 

Pembangunan TPA sampah regional juga, kata dia, dalam rangka persiapan kemungkinan terjadinya lonjakan penduduk atas adanya pembangunan Tol Serang-Panimbang. “Juga termasuk, tambah orangnya, kebutuhan publik, sementara kabupaten kota muali terdesak,” ungkapnya. 

Untuk skema pembiayaan pemangunan sendiri dimungkinkan tidak dibangun sepenuhnya melalui APBD. Metode yang digunakan bisa melalui kerjasama dengan pihak investor. Misalnya, porsi pemprov hanya sebatas menyediakan lahan.

“Jadi kita sudah rencanakan, bisa jadi dalam pelaksanaannya kerjasamanya dengan investor lain, kita siapkan lahannya.Ini juga bentuk kerjasamanya dalam rangka menengahi persoalan sampah yang terjadi khususnya di kota-kota,” pungkasnya. (dewa)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook