Unik, Petani Tamanbaru Cilegon Tanam Padi di Paralon

Redaksi   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 20 November 2020 - 14:33:50 WIB   |  dibaca: 93 kali
Unik, Petani Tamanbaru Cilegon Tanam Padi di Paralon

CILEGON, BANTEN RAYA - Petani di Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Citangkil menanam padi di atas pipa paralon. Konsep tanam yang dilakukan terbilang unik, karena dengan metode hidroganik, yakni perpaduan menanam padi dan ternak ikan di bawahnya. 
Tamaman padi memanfaatkan air dan pupuk kotoran ikan malalui pipa sambungan sepanjang 96 meter.

Lurah Tamanbaru Nanang Umar Nafis menjelaskan, jika program tersebut merupakan program dari Pemerintah Provinsi dan hanya ada satu di Kota Cilegon yang diberikan kepada Kelompok Tani (Poktan) Kelurahan Tamanbaru. Bukan hanya hasil padi saja, namun diharapkan hasil ternak ikan juga membantu perekonomian petaninya.

"Sarana alat berupa pompa air dan pipa dari bantuan provinsi. Kami bersama kecamatan hanya melakukan penyuluhan. Ini nanti bisa dipanen tiga bulan kedepan," katanya kepada Banten Raya, Jumat (20/11).

Nanang mengungkapkan, untuk awal, ada sekitar dua ribu bibit ikan ditebar dalam kolam dan lahan juga memanfaatkan halaman kosong yang tidak terpakai.

"Nanti akan dilihat hasilnya. Namun, sejauh ini sangat bagus perkembangannya. Semoga program ini benar-benar berhasil dan bisa diperluas lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Poktan Kelurahan Taman Baru Mahroni mengungkapkan, cara hidoganik tersebut terbilang mudah. Sebab, tidak memakan lahan banyak dan metode tanamnya sangat singkat, tidak perlu proses penggemburan tanah dan lainnya.  

"Lebih singkat dan lebih irit untuk ongkosnya. Ini pupuk bisa sari air kolam ikan, tidak ada proses penggemburan lahan karena langsung tanam di atas paralon yang dilubangi, tinggal atur putaran airnya saja," pungkasnya. (uri)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook