Ratusan Warga Tanjungjaya Kecamatan Panimbang Nyoblos Pilkada Pandeglang Lebih Awal

Redaksi   |   Pandeglang  |   Sabtu, 21 November 2020 - 08:47:29 WIB   |  dibaca: 218 kali
Ratusan Warga Tanjungjaya Kecamatan Panimbang Nyoblos Pilkada Pandeglang Lebih Awal

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Sebanyak 385 warga Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang menyalurkan suaranya di TPS 3 Desa Tanjungjaya yang dipusatkan di lapangan Taman Budaya Cikadu, Sabtu (21/11/2020). 

Warga sangat antusias dengan simulasi pencoblosan Pilkada Pandeglang yang secara resminya akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 nanti. 

Berdasarkan pantauan banten raya, TPS tempat simulasi didirikan dengan menggunakan tenda berwarna merah putih. Sejak pukul 07.00 warga sudah banyak yang berdatangan ke lokasi. Petugas KPPS kemudian mengarahkan pemilih ke kursi tunggu untuk menunggu panggilan petugas. Setelah dipanggil warga diarahkan ke kran cuci tangan kemudian antre dan menjaga jarak satu meter antar warga. Di pintu masuk TPS, KPPS mengecek suhu tubu pemilih. Jika suhunya normal warga dipersilakan duduk di kursi tunggu dalam TPS setelah mengisi daftar hadir dan mendapat sarung tangan plastik.

Di kursi tunggu, pemilih menunggu sekitar 2 sampai 3 menit untuk menunggu panggilan pengambilan kertas suara. Pemilih lalu masuk ke dalan bilik suara. Ada 4 kotak suara berbahan kardus yang disiapkan dan satu diantaranya terpisah. Kotak suara terpisah ini disiapkan untuk pemilih yang suhunya tinggi diatas 38 derajat celcius.

Setelah mencoblos, warga menyimpan kertas suara tercoblos di kotak suara khusus. Pemilih keluar TPS dan diminta membuka sarung tangan plastik untuk dibuang di keranjang sampah. Salah satu jari tangan warga ditetes tinta. Diluar TPS warga diarahkan mencuci tangan.

Dari seluruh rangkaian simulasi ini, waktu yang diperlukan pemilih untuk menyelesaikan seluruh proses pencoblosan paling cepat 10 menit. Ada juga pemilih yang menghabiskan waktu hingg 15 menit karena datang saat adanya antrean masuk ke TPS.

Komisioner KPU Pandeglang Ahmadi mengatakan, kegiatan simulasi ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan pencoblosan pada 9 Desember nanti. "Waktu simulasi mulai pukul 07 sd 13.00. Kami ingin dapat gambaran proses pencoblosan sebeanrnya agar pada 9 Desember 2020 nanti tidak ada kendala," kata Ahmadi ditemui di lokasi simulasi. (muhaemin)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook