80 Kepala Sekolah di Kabupaten Serang Dijabat Pelaksana Tugas

Redaksi   |   Serang Raya  |   Minggu, 22 November 2020 - 20:53:56 WIB   |  dibaca: 108 kali
80 Kepala Sekolah di Kabupaten Serang Dijabat Pelaksana Tugas

SERANG, BANTEN RAYA - Sebanyak 80 kepala SD dan 10 kepala SMP saat ini dijabat oleh pelaksana tugas (Plt). Banyaknya, kepala sekolah (kepsek) yang dijabat Plt itu karena banyak kepsek yang pensiun dan tahun ini belum ada pengangkatan kepsek lagi. 

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Aber Nurhadi mengatakan, jumlah kepsek yang di Pltkan tersebut belum termasuk yang pensiun pada tahun ini. "Banyak kepala SD yang Plt hampir 80-an, terus SMP hampir 10. Kalau enggak ada Plt nanti enggak ada yang mengelola sekolahnya," kata Aber, Minggu (22/11).

Ia mengungkapkan, ke depan penetapan kepsek akan dikerjasamakan dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan. "Jadi sekarang kita enggak bisa menyeleksi sendiri karena itu sertifikasi kepsek dan untuk mendapatkan nomor unik kepsek. Sebelumnya, kita tahun 2017 ada jatah dari dana pusat untuk 30 orang dan sudah ditempatkan," ungkapnya.

Kemudian, pada 2019 ada juga 30 orang yang dibiayai oleh dana dari pemerintah pusat dan 37 orang yang dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). "Tahun ini sekitar 291 orang calon kepsek SD dan SMP. SD 260 orang dan SMP 31 orang. 291 itu untuk estimasi sampai 2023 karena tahun 2022 kita akan ada bedol guru termasuk kepala sekolah," tuturnya.

Aber mengungkapkan, selain banyak kepsek yang akan pensiun, pada 2023 mendatang pengawas SD juga hanya tersisa enam orang dan pengawas SMP hanya empat orang. "Walaupun kepsek dijabat Plt enggak terganggu, justru kalau tidak ada Plt-nya akan terganggu. Kepsek sekarang tidak punya kewajiban mengajar, kalau dulu ada kewajiban mengajar," katanya. (tanjung/fikri)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook