Belajar Tatap Muka Kota Serang Digelar Januari

Redaksi   |   Metro Serang  |   Minggu, 22 November 2020 - 20:55:17 WIB   |  dibaca: 174 kali
Belajar Tatap Muka Kota Serang Digelar Januari

SERANG, BANTEN RAYA – Kota Serang akan menggelar belajar tatap muka pada Januari 2021 mendatang. Sesuai kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, belajar tatap muka diserahkan kepada pemerintah daerah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Wasis Dewanto mengatakan, ada pelonggaran kebijakan yang dibuat pemerintah dengan dikeluarkannya SKB 4 Menteri bahwa belajar tatap muka untuk semester genap pada Januari 2021 dapat dilakukan oleh pemerintah daerah. Meski demikian, ada persyaratan yang harus dipenuhi sebelum pemerintah daerah dapat melaksanakan belajar tatap muka di sekolah.

“Kalau satu saja persyaratannya tidak terpenuhi maka enggak boleh tatap muka karena enggak memenuhi syarat,” kata Wasis, Minggu (22/11).

Ada empat persyaratan yang harus dipenuhi bila belajar tatap muka ingin dilaksanakan. Pertama daftar check list atau daftar periksa yang harus dipenuhi semua. Daftar itu meliputi misalkan, sekolah harus memenuhi fasiitas yang diperlukan, misalkan toilet, dan tempat cuci tangan. Sekolah harus memiliki akses ke pelayanan kesehatan misalkan ke puskesmas atau klinik. Wajib menggunakan masker dan sekolah harus menyediakan untuk siswa yang tidak mengenakan masker. Mampu menghindari kerumunan, dan penyemprotan disinfektan di semua lingkungan sekolah sudah dilakukan. Terakhir, punya thermo gun.

"Itu namanya daftar check list yang harus diisi sekolah di laman website Kemdikbud dan lapor ke kita. Kalau tidak memenuhi daftar periksa tidak boleh buka,” katanya.

Kedua, izin dari pemda tanpa melihat zonasi. Izin dari pemda ini meliputi kesiapan transportasi umum, kesiapan dinas kesehatan, kesiapan dinas kominfo, keterlibatan RT RW dan kelurahan, yang siap mengamankan siswa.  

Ketiga, harus ada izin dari komite sekolah. Kalau komite sekolah mengizinkan dan sekolah siap dengan daftar periksa maka tatap muka dapat dilakukan. Keempat, yang merupakan benteng terakhir,  yaitu izin orang tua.

“Kalau orang tua mengizinkan tatap muka maka sekolah bisa membuka tatap muka tapi kalau tidak ya tidak bisa,” katanya.

Kalau semua persyaratan yang diharuskan itu terpenuhi maka Kota Serang bisa melaksanakan belajar tatap muka tahun 2021. Wasis mengatakan, saat ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang masih mengurus proses perizinan dan kajian. Ia mengklaim masih ada cukup waktu sampai dengan akhir Desember guna memenuhi sejumlah persyaratan itu dan ia yakin akan terkejar.

“Kekejar. Sekarang sedang mengurus perizinannya,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Nursalim mengatakan, izin orang tua penting didengar karena ada sebagian yang menolak belajar tatap muka dan ada sebagian yang ingin agar anak mereka belajar tatap muka. Namun, sebagian besar orang tua di Kota Serang menginginkan adanya belajar tatap muka. (tohir)

Profil Redaksi

Redaksi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook