Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 509 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 631 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 497 | Komentar

Baca


Seribu Khasiat dari Kombucha


SERANG
– Stand kombucha super yang tergabung dalam pameran flora fauna yang digelar di Mall of Serang (MOS) menawarkan obat herbal alami dengan seribu khasiat. Kombucha merupakan nama jamur yang berasal dari spora laut Cina yang mengandung banyak kandungan zat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Pengembang kombucha Budi santoso mengatakan, agar bisa dinikmati khasiatnya kombucha harus difermentasikan dengan teh manis. “Jadi yang kita konsumsi sebagai obat bukan jamur kombuchanya, tapi teh manis yang sudah difermentasikan beberapa hari dengan jamur kombucha,” kata Budi saat ditemui Banten Raya, kemarin. Budi menjelaskan, teh kombucha bisa dikonsumsi untuk meningkatkan stamina hingga menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga berat seperti, kanker, batu ginjal dan penyakit lainnya.

Lanjutnya, ada dua pilihan kombucha yang bisa dibeli oleh konsumen. Yakni, membeli dalam kemasan teh yang sudah siap di konsumsi atau membeli kombucha secara langsung lalu mengolahnya sendiri di rumah. Satu botol teh kombucha yang sudah siap konsumsi dihargai Rp 25 ribu, sementara untuk jamur kombuchanya sendiri dihargai mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. “Menurut hemat saya lebih baik membeli jamurnya lalu difermentasikan sendiri dibandingkan membeli teh yang satu kali minum. Walaupun jauh lebih mahal tapi bisa dimanfaatkan seumur hidup,” kata Budi.

Budi menerangkan, manfaat seumur hidup dari kombucha yaitu jamur tersebut merupakan tanaman yang mudah hidup dan berkembang. Hanya saja butuh pemeliharaan dan perawatan yang baik. Lanjutnya, maksud dari dimanfaatkan seumur hidup karena jamur kombucha merupakan jenis tanaman yang tak sulit dipelihara. Caranya cukup menaruh kombucha didalam toples yang  berisikan teh manis.

Semakin lama dan besar toples fermentasi maka kombucha akan tumbuh semakin besar mengikuti bentuk dan ukuran tempat tinggalnya. Teh manis yang digunakan harus dalam keadaan dingin dan toples pun harus dalam keadaan tertutup rapi agar tidak ada udara yang masuk kedalam toples. “Tujuannya agar tidak ada bakteri lain masuk kedalam teh yang tengah difermentasikan,” katanya. Menurut Budi, paling sedikit fermentasi membutuhkan waktu satu minggu. Teh manis hasil fermentasi dengan kombucha akan terasa asam. “Semakin lama maka rasa yang dihasilkan akan semakin asam, bahkan bias dijadikan seagai cuka,” pungkasnya.

Bagi yang memanfaatkannya hanya untuk menambah stamina bisa mengkonsumsi teh kombucha hasil fermentasi selama satu minggu setiap hari. Sementara, bagi penderita diabetes, sebaiknya mengkonsumsi teh kombucha hasil fermentasi selama 14 hari. “Karena pada saat itu teh memiliki kandungan gula 0 persen yang baik untuk penderita diabetes,” katanya. Budi mengaku selama ini ia cukup mendapatkan omset yang cukup tinggi dari bisbis jamur kombucha. Sediktnya ia mampu mengantongi omset sebesar Rp 15 juta perbulan. Selain membuka stand, ia pun menerima pesan antar. “Jika ada teman atau kenalan yang memesan lewat telephone, saya siap mengirimkan kombucha dimana pun mereka berada. Saya juga siap bekerjasama dengan dengan pihak yang ingin ikut memasarkan kombucha ,” ucapnya. (mg-ika)

Beri komentar


Security code
Refresh