Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 208 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 260 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 226 | Komentar

Baca


LSP HCI Terima Lisensi Dari BNSP


CILEGON – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hospitality Cakrawala Indonesia (HCI) menerima secara resmi sertifikat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Penyerahaan sertifikat lisensi ini diberikan  langsung oleh Kepala Sekretariat BNSP Darwanto kepada Direktur LSP HCI wilayah Banten, Adi Setiawan di Kampus Akademi Pariwisata Indonesia (Akparindo) Kota Cilegon, Jalan Jombang Masjid No 14, Kota Cilegon, Kamis (10/8).

Turut Hadir, Dewan Pengarah LSP HCI Ahmad Sari Alam, Dewan Pengarah LP HCI GS Ashok Kumar, dan Ketua PHRI Kota Serang Gustyna. Kepala Sekretariat BNSP Darwanto mengatakan, dengan diterimanya sertifikasi lisensi dari BNSP, LSP HCI dapat melakukan uji komptensi sesui bidang yang diajukan kepada BNSP.

“Saya berharap dengan adanya LSP HCI ini, mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan sektor lainnya di seluruh Indonesia, khususnya di Provinsi Banten,” kata Kepala Sekretariat BNSP Darwanto kepada wartawan.

Adapun beberapa skema sertifikasi yang dapat diberikan LSP HCI diantaranya, sertifikasi receptionist, sertifikasi waiter, sertifikasi bartander, dan sertifikasi chef de partie. “Uji komptensi yang dapat dilakukan LSP HCI ini skupnya nasional dari Sabang sampai Marauke. Jadi, nanti tolong, LSP ini jangan hanya bermain dikandang sendiri, hanya wilayah Banten. Oleh karena itu tugas dari LSP ini pertama, mengembangkan uji komptensi di seluruh Indonesia,” katanya.

Ketua Harian PHRI Provinsi Banten GS Ashok Kumar mengatakan, setelah menerima sertifikasi lisensi dari BNSP, LSP HCI akan segera tancap gas untuk melakukan uji komptensi kepada ratusan SDM pariwisata di Banten.

“Alhamdulillah LSP HCI sudah resmi mendapatkan sertifikasi lisensi secara penuh dari BNSP, dan kami juga telah mendapatkan alokasi 400 orang secara cuma-cuma untuk disertifikasi, disisa empat bulan pada Tahun 2017 ini,” kata Ashok.

Ashok menjelaskan, LSP sudah menjadi kebutuhan tenaga kerja di Indonesia baik dalam sektor pariwisata maupun sektor lainnya. Terlebih menurutnya, era Masyarakat Ekonomi ASEN sudah berlangsung,  yang mewajibkan setiap tenaga kerja dituntuntuk sertifikasi komptensi, sebagai pengakuan terhadap komptensi keahliannya.

“Kalau dahulu saat akan melamar kerja, ditanya ijazah dan referensi kerja nya mana? Tapi kalau sekarang, sudah punya kompetensi gak? Karena disitu menjadi tolak ukur kemampuan SDM tersebut,” kata Ketua Harian PHRI Provinsi Banten.

Ahmad Sari Alam menambahkan, LSP HCI merupakan satu-satunya lembaga sertifikasi profesi di Provinsi Banten yang memiliki kategori LSP-P3. “Hal ini memungkinkan LSP HCI melayani sertifikasi nusantara. Namun manajemen menetapkan untuk tahap pawal fokus pada Provinsi Banten,” kata Ketua PHRI Provinsi Banten ini.

LSP HCI didukung oleh Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI), Indonesian Food & Beverage Executive Association (IFBEC) dan Asosiasi Chief Engineering (ACE). “LSP HCI ini juga didukung oleh assesor profesional dibidang perhotelan dan jumlah fasilitas peralatan pengujian yang akan terus bertambah,” pungkasnya. (ismet)

Komentar Terakhir