Crime News

Pelaku Utama Pembunuhan Siti Dituntut 10 Tahun

News image

SERANG - ER (18), terdakwa pembunuhan Siti Marhatusholihat (17), warga Ka...

Hukum & Kriminal | Rabu, 17 Januari 2018 | Klik: 25 | Komentar

Baca

Tabrak Mobil, Pengendara Motor Tewas

News image

SERANG- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Abdul Fatah Hasan, Ko...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 94 | Komentar

Baca

Babeh Terancam 15 Tahun

News image

JAKARTA- Kembali terjadinya kasus sodomi membuat khawatir beberapa pihak. Menteri Pe...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 69 | Komentar

Baca


Dinsos & BJB Salurkan Rp127 M


SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Sosial (Dinsos) Banten, menyalurkan bantuan sosial (bansos) non tunai Rp127 milar kepada 52 ribu lebih warga Banten yang berhak mendapatkan bantuan.

Menurut Kepala Dinsos Banten Nurhana, penyaluran bansos non tunai ini menggunakan tiga bank, yaitu BJB, BNI dan Bank Banten. Dari 52 ribu lebih yang mendapatkan bansos non tunai ini, terbagi ke dalam beberpa program bantuan diantaranya Jamsosratu, rumah tidak layak huni (RTLH) dan lansia.

“Untuk RTLH sebanyak 850 kepala keluarga, lansia sebanyak 2500 jiwa dan anak-anak sebanyak 1.000 jiwa,” kata Nurhana usai menyaksikan penyaluran bansos non tunai di Bank BJB Kantor Cabang Khusus (KCK) Banten, Rabu (15/11).

Ia mengaku, penyaluran bansos non tunai ini dilakukan serentak di tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kabupaten Tangerang. Sedangkan lima kabupaten/kota lainnya akan dilakukan Kamis (16/11). “Penyaluran bansos non tunai akan dilakukan secara bertahap,” ujarnya singkat.

Nurhana menjelaskan, dalam penyaluran bansos non tunai Tahun 2017 ini, Dinsos Banten menggunakan mekanisme baru, yaitu menggunakan kartu multiguna melslui tiga bank yang telah bekerjasama dengan Dinsos Banten.

“Sebelumnya penyaluran bansos non tunai melalui Kantor Pos dan Giro dengan menggunakan jasa wesel. Sedangkan tahun ini kartu multiguna yang bisa menggunakan anjungan tunai mandiri (ATM) yang berwarna hitam,” ungkapnya.

Dengan adanya kartu mutiguna ini, lanjutnya, akan mempermudah penerima bantuan untuk mencairkan bantuan tersebut. Bahkan dengan komitmen dari tiga bank, maka penyaluran bansos non tunai bisa sampai ke pelosok daerah di Provinsi Banten.“Ketiga bank ini akan memberikan pelayanan kepada pemilik kartu multiguna, dimana saja mereka berada,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Kusmayadi, Kepala Inspektorat Provinsi Banten yang menghadiri penyaluran tersebut mengatakan, sistem yang telah dibangun oleh Dinsos Banten dalam penyaluran bansos non tunai sudah baik dan bisa mencegah terjadinya penyelewengan atau pungutan liar.“Kami juga melakukan pengawasan, agar bansos non tunai ini tepat sasaran dan tidak terjadi penyelewengan,” katanya.

Sementara itu, Hasuri warga Kubang Apu, Terondol, Kota Serang salah seorang penerima bansos non tunai RTLH mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Banten yang telah memberikan bantuan senilai Rp15 juta, untuk merehab rumahnya yang kurang layak bahkan nyaris roboh. “Uang ini akan saya gunakan untuk merehab rumah saya yang nyaris roboh,” katanya.

Pimpinan Bank BJB Kantor Cabang Khusus (KCK) Banten Sakti Ramadhani mengungkapkan, sebagai salah satu perbankan yang mendapatkan amanah menyalurkan bansos non tunai, bank nya menjamin akan memberikan pelayanan yang prima kepada penerima manfaat.“Kami itu sudah terbiasa untuk menyalurkan bantuan-bantuan, semacam bansos ini, termasuk kami juga menyalurkan dana pensiunan.

Sehingga, peralatan kursi roda bagi lansia semacam ini sudah kami siapkan. Malah setiap tanggal satu atau awal bulan pembayaran uang pensiunan, disini ada kesehatan gratis, senam jantung sehat dan segala macam, dokternya kita siapkan, dan intinya kami buat senyaman mungkin sama Bjb,” katanya.

Sakti menambahkan, sebagai bank yang rutin menyalurkan bantuan pemerintah, BJB mengaku tidak ada sedikit hambat apapun dalam penyaluran bansos non tunai kepada penerima manfaat.
“Alhamdulillah dari beberapa bank yang ditunjuk, BJB menjadi bank yang pertama menyalurkan bansos non tunai ini,” katanya. (satibi/ismet)