Crime News

Empat Pemeras Ngaku Polisi

News image

SERANG – Mengaku sebagai anggota polisi Polda Banten,  empat pemuda ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 29 Maret 2017 | Klik: 368 | Komentar

Baca

Pembuang Bayi Itu Pelayan Kafe

News image

PASARKEMIS - Sesosok bayi berjenis kelamin perempuan yang ari-arinya masih ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 29 Maret 2017 | Klik: 277 | Komentar

Baca

Puluhan Anak di Pandeglang Diduga Disodomi

News image

PANDEGLANG – Puluhan anak di Desa Sukaraja, Kecamatan Pulosari, Kabupaten ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 24 Maret 2017 | Klik: 357 | Komentar

Baca


Mayoritas Warga Sinaba Tak Miliki MCK


SERANG
- Sebagian besar warga di Lingkungan Sinaba, Kelurahan Kilasah, Kecamatan Taktakan tidak memiliki fasilitas mandi, cuci dan kakus (MCK). Aktivitas MCK pun dilakukan di sungai.

Ketua RW 03 Lingkungan Sinaba, Badri mengatakan, dari sekitar 400 Kepala Keluarga (KK) di RW 03, yang mempunyai MCK bisa dihitung dengan jari. Ketiadaan kakus di rumah warga membuat sebagian besar warganya membuang hajat di sungai, persawahan, dan kebunan. "Dengan kondisi itu jelas lingkungan kita tercemar," ujarnya kepada Banten Raya, Kamis (30/3).

Dikatakan Badri, banyaknya rumah di lingkungannya yang tidak memiliki MCK ditengarai karena faktor ekonomi masyarakatnya, yang mayoritas menengah ke bawah. Oleh karena itu dirinya meminta kepada pemerintah untuk memberikan bantuan MCK umum di setiap lingkungan di RW 03. "Lahan sudah kita siapkan untuk pembangunan MCK di masing-masing lingkungan, tinggal anggaran dari pemerintahnya saja," pintanya.

Aspuri, warga Lingkungan Sinaba Satu membenarkan, jika mayoritas rumah di lingkungannya tidak memiliki MCK, yang menjadi miris, lanjut dia, sungai di lingkungannya selain digunakan untuk buang hajat, sungai itu juga sekaligus digunakan untuk mencuci pakaian dan mencuci peralatan dapur. "Di sini juga rumahnya kebanyakan tidak memiliki sumur, bisa dikatakan kekurangan air bersih juga," bebernya seraya berharap, pemerintah dapat memberikan bantuan MCK umum di setiap RT di Lingkungan Sinaba.

Diharapkan, jika sudah ada MCK umum di setiap RT dapat mengurangi kebiasaan warga membuang hajat disembarang tempat. Terpisah, Sekretaris Lurah Kilasah Arfai mengakui, jika mayoritas warga Sinaba membuang hajat tidak pada tempatnya. Akibat banyaknya warga yang tidak memiliki kakus. "Kita sudah berupaya mengajukan pengadaan MCK umum melalui musrenbang, namun sampai saat ini belum ada realisasi," terangnya seraya mengharapkan, dinas terkait untuk segera merealisasikan pengadaan MCK di Lingkungan Sinaba. (dudi)

Beri komentar


Security code
Refresh

Komentar Terakhir