Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 492 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 610 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 486 | Komentar

Baca


Honor Penjaga Perlintasan Alakadarnya


SERANG
- Perintah mendadak Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI agar perlintasan ilegal di Kota Serang dijaga petugas membuat Pemerintah Kota Serang harus putar otak mengenai honorarium bagi penjaga perlintasan kereta api. Apalagi sebelumnya anggaran itu tidak ada dalam APBD. Maka untuk 3 bulan ke depan besaran honorarium yang akan diberikan alakadarnya sambil menunggu usulan masuk ke APBD perubahan tahun 2017 atau APBD murni tahun 2018.

Sekda Kota Serang Tb Urip Henus mengatakan bahwa untuk 3 bulan ke depan honorarium yang akan diberikan kepada petugas penjaga perlintasan kereta api hanya berupa kadedeh alakadarnya kurang lebih Rp 250 ribu per bulan per orang.

Anggaran honorarium alakadarnya ini berasal dari anggaran swadaya beberapa pegawai di Kota Serang yang diminta partisipasi, misalkan kepala dinas perhubungan, camat, dan lainnya.  Meski demikian pihaknya mengaku telah mengusulkan anggaran honorarium yang lebih layak di APBD perubahan tahun 2017."Untuk saat ini yang dimungkinkan selama 3 bulan hanya berupa kadedeuh ala kadarnya," kata Urip saat meninjau sejumlah perlintasan kereta api di Kasemen, Selasa (18/7).

Urip menyatakan bahwa saat ini terdapat 2 orang yang ditugaskan menjaga perlintasan rel kereta api yang akan mendapatkan kadedeh masing-masing sebesar Rp 250 ribu. Sementara dalam usulan honorarium petugas penjaga perlintasan di APBD perubahan atau APBD murni nanti penghitungan honorarium menggunakan satuan standar harga.

Ia berharap standar satuan harga honorarium sudah dapat terlihat pada November atau Desember mendatang. "Selama ini pusat yang merekrut penjaga perlintasan tetapi ada juga secara sukarela. Untuk sekarang kita coba rangkul. Saya akan buktikan di 17 titik ini dulu," katanya.

Terkait pemasangan pintu perlintasan dan rambu-rambu di 17 titik pihaknya menargetkan selesai hari ini sesuai dengan waktu yang diberikan Dirjen Perkeretaapian.Kepala Dinas Perhubungan Kota Serang A Mujimi mengatakan bahwa dinas perhubungan telah mengusulkan anggaran Rp 1,7 miliar di APBD perubahan untuk sejumlah kebutuhan perlintasan kereta api, misalkan untuk honorarium penjaga perlintasan, pengadaan rambu-rambu, pembuatan posko penjaga, dan lainnya.

Dari sejumlah kebutuhan itu anggaran akan lebih banyak terserap untuk pembayaran honorarium penjaga perlintasan. Bila honorarium penjaga perlintasan menggunakan standar satuan harga, maka standarisasinya masuk kepada honorarium bagi tenaga harian lepas.

Mujimi menyatakan bahwa pembuatan palang pintu tetap dianggarkan hanya saja disesuaikan dengan kemampuan. Akan dibuat juga seragam untuk para penjaga perlintasan kereta api dengan logo Kota Serang agar nampak bahwa penjagaan perlintasan kereta api ini adalah usaha pemerintah daerah.

Para penjaga perlintasan kedepan juga akan mendapatkan bimbingan bagaimana mengatur lalu lintas di perlintasan kereta api. Bagi perlintasan yang sebelumnya sudah ada yang menjaga, maka ia yang akan ditunjuk menjadi penjaga perlintasan."Kami akan menghargai mereka. Saya juga nggak tega kalau gantiin dengan orang lain. Kami prioritaskan yang terbiasa jaga karena mereka sudah hafal waktu kereta melintas," tuturnya. (tohir)

Beri komentar


Security code
Refresh