Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 219 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 279 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 238 | Komentar

Baca


Tiga Mega Proyek Rp 194 Miliar



CILEGON - Tiga megaproyek yang terdapat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 akan kembali mendapat kucuran dana hingga sekitar Rp 194 miliar rupiah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. Tiga megproyek tersebut adalah Jalan Lingkar Utara (JLU), Sport Center Cilegon, dan Alun-Alun Kota Cilegon. Ketua Badan Anggaran (Banggar) pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon Isro Mi'roj mengatakan, tiga megaproyek Pemkot Cilegon akan kembali mendapatkan kucuran dana segar pada APBD 2018. Masing-masing proyek tersebut adalah JLU mendapat Rp 115 miliar, Sport Center Rp 43 miliar, dan Alun-alun Rp 36 miliar. "Tiga proyek itu yang mendapat anggaran besar hampir Rp 200 miliar, karena pembangunannya berlanjut jadi dapat lagi pada APBD tahun depan. Bahkan, seperti Sport Center itu pengajuannya Rp 51 miliar tapi kita setujuinya Rp 43 miliar," kata Isro kepada Banten Raya, Selasa (1/8).

Menurut Isro, meski tiga proyek tersebut mendapat anggaran yang cukup besar, Ia mengaku proyek infrastruktur lainnya juga tidak dikesampingkan, seperti peningkatan dan perawatan jalan tetap dianggarkan juga. "APBD 2018 sebesar Rp 1,85 triliun, meningkat dari APBD 2017 yang hanya Rp 1,7 triliun," tuturnya.

Dijelaskan Isro, pembahasana APBD 2018 telah selesai dibahas antaran Pemerintah Kota (Pemkot) dan DPRD Kota Cilegon dalam Rapat Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2018 pada pekan lalu di Bogor, Jawa Barat. Dalam APBD Kota Cilegon 2018, postur untuk belanja langsung sekitar 60 persen dan belanja tidak langsung 40 persen.

"Sementara, untuk pendidikan juga sudah 20 persen. Artinya APBD kita sudah sesuai dengan aturan yang diharapkan pemerintah pusat. Belanja langsung sekitar Rp1,1 triliun dan belanja tidak langsung Rp 700 miliar," jelasnya.

Isro menambahkan, meningkatnya APBD 2018 lantaran ada beberapa proyeksi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cilegon yang meningkat, seperti pendapatan dari Penerangan Jalan Umum (PJU), yang masih menjadi primadona. Ia juga berharap, Kota Cilegon akan mendapatan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) lebih besar dibandingkan tahun 2017.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dsipora) Kota Cilegon Teten Hertiaman mengatakan, pada anggaran 2018 pihaknya mengajukan anggaran sebesar Rp51 miliar untuk lanjutan pembangunan Sport Center. Anggaran itu digunakan untuk parkir, instalasi listrik dan penyelesaian Tribun Barat. "Pada Tribun Barat ini nanti ada berbagai fasilitas seperti ruang ganti pemain dan fasilitas lainnya. Pembangunan Tribun Barat sudah mencapai 50 persen," katanya.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon Ridwan mengatakan, tahun depan JLU juga akan mendapatkan anggaran sebesar Rp115 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan seluruhnya untuk pembangunan fisik jalan. "Kalau tahun ini kan hanya pembebasan lahan, nanti pembangunan langsung 12,5 kilometer tahun depan," katanya.

Ridwan berharap, pembebasan lahan JLU pada tahun 2017 ini akan selesai tepat waktu. Hal itu dilakukan, agar tahun 2018 bisa langsung pembangunan fisik jalan. "Kalau saat ini pendataan lahan sudah mau selesai. Kalau warga yang setuju sudah kita sosialisasi, nanti tinggal apprasial dan pembayaran," terangnya. (gillang)



Dikebut: Proyek Sport Center Kota Cilegon yang sedang dibangun di lahan seluas 5,4 hektar di Lingkungan Seruni, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Selasa (1/8).
Ainul Gillang/Banten Raya

Beri komentar


Security code
Refresh

Komentar Terakhir