Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 117 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 161 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 616 | Komentar

Baca


Ratusan Pelajar Napak Tilas Jejak Ki Kasmin


SERANG- Ratusan pelajar SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah di Kota Serang mengikuti kegiatan napak tilas dalam mengenang kembali Ki Kasmin, salah satu pahlawan kemerdekaan asal Kota Serang, Rabu (8/11). Mereka berjalan kaki dari tugu Ki Kasmin di Kecamatan Curug menuju Taman Makam Pahlawan di Kecamatan Serang sejauh 13 kilometer.

Kepala Dinas Sosial Kota Serang Syamsuri Dahlan mengatakan bahwa napak tilas digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2017 dengan mengenang kembali perjuangan salah satu pahlawan asal Kecamatan Curug, Kota Serang, bernama Ki Kasmin.

Kegiatan ini diikuti sekitar 400 pelajar yang berasal dari beberapa SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah di Kota Serang. Selain pelajar napak tilas juga diikuti anggota Tagana Kota Serang. "Kenapa yang dilibatkan pelajar, karena Dinas Sosial Kota Serang ingin membangun patriotisme terutama kepada anak usia sekolah," ujarnya.

Menurut Syamsuri, para siswa sebagai penerus bangsa dan cikal bakal pemimpin masa depan harus dibekali nilai kepahlawanan, khususnya pahlawan dari daerah mereka sendiri. Ia berharap nilai-nilai kepahlawanan itu akan meresap dalam diri mereka, sehingga mereka bisa meneladaninya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan."Sebelumnya ada olimpiade pahlawan yang diikuti 27 SLTA sekota Serang dan dilanjutkan dengan napak tilas ini," ujarnya.

Syamsuri mengatakan bahwa napak tilas mengambil rute dari Boru ke tugu Ki Kasmin, ke RSUD Banten, Kemang Pusri, dan finish di Taman Makam Pahlawan di Ciceri. Peserta napak tilas melewati empat pos dan akan dites dengan pertanyaan serta dinilai.

Ada tiga kelompok yang dipilih menjadi juara 1, 2, dan 3 dan akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan. Juara satu akan mendapatkan Rp 6 juta, juara dua Rp 4,5 juta, dan juara tiga Rp 3 juta. "Peserta berasal dari 27 SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah dengan ketentuan 10 orang per regu, kurang lebih 400 orang," tuturnya.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Serang yang juga Plt Kabid Pemberdayaan Sosial Dinar Tri Cahyani mengatakan, tidak ada yang berbeda antara pelaksanaan napak tilas tahun ini dengan tahun sebelumnya. Bahkan tahun lalu tidak ada perhelatan napak tilas.“Tapi dua tahun lalu kita gelar di Bojong Sayar, Kecamatan Taktakan, ke tugu pahlawan yang jaraknya kurang lebih 8 kilometer,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan memberi semangat kepada pelajar guna menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada para pelajar. Kegiatan ini juga untuk mengenang perjuangan pahlawan dahulu, khususnya yang berasal dari Kota Serang. (tohir)

Beri komentar


Security code
Refresh