Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 83 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 60 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 86 | Komentar

Baca


Lantai Banten Lama Dimarmer


SERANG
-  Pemprov Banten memastikan segera melelang pekerjaan penataan ?kawasan inti situs Banten Lama. Informasi yang diperoleh, area inti di kawasan masjid Banten Lama akan dipasangi marmer. Pemprov ingin tampilan Banten Lama tidak sekadar indah nan cantik, tapi juga membuat lantainya menjadi sejuk seperti di Masjidil Haram, Mekah.

Asisten Daerah (Asda) II Bidang Pembangunan Ino Sutisno Rawita menjelaskan bahwa tahap awal penataan Banten Lama yang digarap adalah plaza. Plaza yang dimaksud Ino adalah area tampak depan Banten Lama, dan zona inti di dekat masjid Banten Lama. "Pak Gubernur (Wahidin Halim) ingin seperti di Mekah (Masjidil Haram), jadi nanti di situ lantainya pakai marmer semua, termasuk area depan masjid," ujarnya, Kamis (8/2).

Selain dipasang lantai marmer, kawasan plaza itu juga akan dibangun taman-taman. Pemasangan lantai marmer di depan masjid Banten Lama dimaksud agar dapat menampung masyarakat yang ingin salat di Banten Lama. Konsep ini meniru Masjidil Haram, Mekah.

"Area itu bisa menampung 5.000 orang bisa salat di situ. Kita buat dengan tatanan dan komposisi yang baik supaya saat lantai diinjak itu terasa dingin kayak di Mekah gitu. Kalau sekarang kan masih paving block, nanti diubah pakai marmer," jelasnya.

"Nanti juga dibangun air mancur yang bisa digunakan untuk berwudu.Pokoknya akan dibuat sedemikian rupa, seindah mungkin. Jadi kawasan Banten Lama ini ada untuk tempat ibadahnya dan juga ada rekreasinya," tegas Ino.

Diketahui, alokasi penataan Banten Lama tahun anggaran murni 2018 ini ditetapkan Rp 70 miliar. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) saat ini masih memproses lelang pekerjaan tersebut. Ditarget dua pekan ke depan sudah dilelang. Ino mengungkapkan bahwa konsentrasi penataan difokuskan pada tampak muka dulu.

"Yang lainnya bertahap," katanya seraya mengungkapkan bahwa penataan Banten Lama nantinya akan ada partisipasi dari perusahaan BUMN/swasta, BPJS ketenagakerjaan, perbankan, dan lainnya.
"Ada yang nyumbang taman. Mungkin BI (Bank Indonesia) nanti bikin apa di situ. Jadi ini semacam CSR (corporate social responsibility). Supaya sama-sama memiliki bahwa ini (Banten Lama) ikon Banten," jelasnya..

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat dikonfirmasi membenarkan bahwa kawasan Banten Lama dibuat lantai marmer. Menurutnya, Pemprov Banten ingin memoles Banten Lama menjadi destinasi wisata religi berkelas internasional. "Ya (lantainya dimarmer), Insya Allah kita punya cita-cita dan ini sudah kita anggarkan dan sudah terancang, termasuk grand desainnya. Kita akan memoles Masjid Agung Banten Lama menjadi salah satu objek wisata religi bertaraf internasional," tuturnya.

Andika menarget penataan kawasan Banten Lama bisa diselesaikan dalam waktu 3 tahun. Untuk itu dia meminta dukungan semua elemen masyarakat di Banten. "Banten Lama ini kan masuk dalam visi misi gubernur dan wakil gubernur, jadi harus segera terealisasi. Target kita 3 tahun (selesai), Insya Allah minta doanya," ujar Andika.

Andika meminta Dinas PRKP untuk segera melelang pekerjaan tersebut, sehingga pekerjaannya dapat dimulai pada April nanti. "Tahap awal pokoknya kawasan depan masjid, plaza masjid, alun-alun masjid dan Benteng Surosowan.

Intinya pintu masuk atau muka dari Masjid Agung dulu. Nanti ada air mancur, ada spot untuk foto, juga ada wilayah khusus pedagang kaki lima. Kita ingin buat Banten Lama ini jadi kebanggaan masyarakat Banten," katanya. (rahmat)

Beri komentar


Security code
Refresh