Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 244 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 267 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 699 | Komentar

Baca


Kereta Api Kalimaya Beroperasi Hingga Merak

MERAK - Kereta Api (KAI) Kalimaya akhirnya beroperasi hingga ke Merak. Sebelumnya, kereta non subsidi ekonomi dengan fasilitas air condisioner (AC) itu hanya melayani rute Tanah Abang-Serang saja, namun mulai Januari 2013 dapat melayani hingga ke Stasiun Merak, setelah sebelumnya berhenti di Stasiun Tigaraksa, Rangkasbitung dan Serang.

Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi I Jakarta Mateta Rijalulhaq mengatakan, PT KAI akan terus mengembangkan pelayanan, termasuk mengembangkan KAI Kalimaya hingga ke Perlintasan Kota Cilegon, tepatnya Stasiun Merak. "Kami akan terus meningkatkan pelayanan operasi. Bila sebelumnya KA Kalimaya hanya beroperasi sampai Serang, namun kini hingga ke Stasiun Merak," kata Mateta kepada Banten Raya, Jumat (4/1).

Menurut Mateta, pengembangan operasi itu dilakukan guna meningkatkan sarana dan prasana angkutan masal di Banten. Terkait hal itu, pihaknya sudah mempunyai kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, agar di Banten memiliki angkutan kereta yang berkelas. Itu dilakukan agar para penumpang juga nyaman dalam menempuh perjalanan. "Peminat kereta di Banten dan Cilegon khususnya, juga masih terbilang banyak. Sebab itu kami siap mengoperasikan KA Kalimaya ke Cilegon hingga Stasiun Merak," terangnya.

Mateta menjelaskan, KA Kalimaya merupakan KA yang mempunyai fasilitas pendukung, seperti ruangan AC dan fasilitas pendukung lainnya. Selain itu waktu tempuh KA Kalimaya juga lebih cepat bila dibandingkan dengan KA biasanya. "Tentunya harga yang diberikan lebih mahal, karena KA Kalimaya tidak disubsidi," jelasnya.

Lebih lanjut, masih kata Mateta, jumlah kereta dalam satu rangkaian terdapat sebanyak 8 gerbong, dengan kapasitas 848 tempat duduk. "Jumlah itu, kami nilai cukup untuk menampung penumpang untuk rute Merak-Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, Staf Humas Daops I Asmat mengatakan, untuk rute KA Kalimaya tidak akan mengganggu jalur dan jadwal KA Stasiun Merak. "Tidak akan mengganggu jadwal KA lainnya," katanya. Berdasarkan data, jadwal keberangkatan KA Kalimaya adalah KA 5389 berangkat dari Merak jam 05.30 WIB tiba di Tanah Abang jam 08.22 WIB, KA 5390 berangkat dari Tanah Abang jam 09.35 WIB tiba di Merak jam 12.26 WIB, KA 5391 berangkat dari Merak jam 13.00 WIB tiba di Tanah Abang jam 15.52 WIB dan KA 5392 berangkat dari Tanah Abang jam 16.35 WIB tiba di Merak jam 19.16 WIB. (darjat)

Beri komentar


Security code
Refresh