Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 383 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 484 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 390 | Komentar

Baca


Sekolah Wajib Jaga Rahasia Soal UN


CILEGON
- Lembaga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Cilegon diminta untuk menjaga kerahasiaan naskah soal Ujian Nasional (UN), baik Ujian Nasional Berbasis Kerta dan Pensil (UNKP) maupun Ujuan Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Naskah soal UNKP telah tiba di Sub-Rayon SMA yang bertempat di SMA Negeri 1 Kota Cilegon, Minggu (9/4).

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Cilegon, Asep Mansur mengatakan, kerahasiaan soal UN menjadi tanggung jawas setiap sekolah. Saat ini, naskah soal untuk UNKP SMA disimpan di Sub-Rayon yang ada di SMA Negeri 1 Kota Cilegon. Sementara, untuk Sub-Rayon Madrasaha Aliyah berada di Madarasah Aliyan Negeri (MAN) 2 Kota Cilegon.

"Soal kita distribusikan ke sekolah pagi hari jam 07.30 WIB. Kalau yang melaksanakan UNBK soal bisa didonwload setengah jam sebelum UN dimulai. UNBK sendiri mulai jam 08.00 WIB kalau UNKP jam 10.30 WIB," kata Asep saat ditemui Banten Raya di SMA Negeri 1 Kota Cilegon, kemarin.

Dijelaskan Asep, saat ini soal UN baik UNKP atau UNBK diklaim bebas dari kebocoran. Soal UN disimpan di Sub-Rayon SMA Negeri 1 Kota Cilegon dijaga ketat oleh aparat kepolisian dari Polsek Cilegon Kota. "Kalau soal UNBK kan bisa di downloan besok pagi (Pagi ini -red). Itu kalau dikasih password sama server di pusat baru bisa didonwload jadi aman juga tidak bocor," jelasnya.

Menurut Asep, naskan soal UNKP SMA datang di Sub-Rayon kemarin siang sekira pukul 11.00 WIB. Sebelumnya, soal UN telah melewati tahap penyortiran antara naskah soal UNKP SMA dan MA di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Banten yang ada di Kota Cilegon. "Tadi (kemarin-red) datang di KCD (Kantor Cabang Dinas) jam 08.00 pagi. Di sortir baru di bawa ke sub-rayon," tuturnya.

Ditambahkan Asep, terkait dengan penyelenggaraan UNBK sendiri diprediksi akan berjalan lancar. Antisipasi terkait listrik pada telah dilakukan dengan penyediaan genset di setiap sekolah penyelenggaran UNBK. Pihaknya juga mengaku telah menghubungi PLN untuk tidak ada pemadaman listrik saat penyelenggaraan UNBK. "Mudah-mudahan berjalan lancar baik UNBK maupun UNKP," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Banten untuk Kota Cilegon, Ofa Saepudin mengatakan, soal UN diklaim aman dari kebocoran. Adanya isu yang kebcoran soal tidak dibenarkannya. "Soal tadi setelah datang telah kami sortir. Ada yang untuk SMA, MA, SMA LB (Sekolah Menengah Atas Luar Biasa), dan Paket C. Kalau untuk SMA, MA, dan SMA LB penyelenggaraan mulai besok (Hari ini -red), kalau paket C mulai tanggal 15," katanya.

Dijelaskan Ofa, jumlah SMA yang melaksanan UNBK di Kota Cilegon sebanyak tujuh sekolah dari total 21 SMA. Sementara, yang melaksanakan UNKP tingkat SMA ada 14. "Kalau MA ada 22 semua UNKP.  Siswanya yang UNBk 1065, yang UNKP 1072. Kalu yanG SMA Lb ada delapan siswa yang tahun ini ikut UN, kejar Paket ada sekitar 160. Yang UNBK itu SMA 2 KS (Krakatau Steel0, SMA Al-Azhar, SMA IT Raudhatul Jannah, SMA Al-Fath, SMA Bina Bangsa, SMA 4 Cilegon, dan SMA 3 Cilegon," jelasnya. (gillang)



Beri komentar


Security code
Refresh

Komentar Terakhir