Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 109 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 156 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 613 | Komentar

Baca


Kampung KB Ciptakan Keluarga Berkualitas


CILEGON -
Program Kampung Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan pemerintah dinilai mampu menciptakan keluarga yang berkualitas. Hal itu terungkap pada acara Pencanangan dan Pembentukan Kampung KB Kota Cilegon 2017 di Lapangan Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang, Selasa (18/04).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon, Mahmudin mengatakan, kegiatan kampung KB tersebut meliputi delapan kecamatan sekaligus. "Program Kampung KB yang akan dicanangkan, ada delapan kecamatan," kata Mahmudin, kemarin.

Dijelaskan Mahmudin, secara rinci Kampung KB itu dicanangkan di Lingkungan Keserangan, Kelurahan Kepuh, Lingkungan Deringo Landoh, Kelurahan Deringo, Lingkungan Curug Katimehe, Kelurahan Bagendang, Lingkungan kampung Baru, Kelurahan Taman Sari, Lingkungan Dukuh Malang, Kelurahan Tegal Bunder, Lingkungan Pasir Angin, Kelurahan Cikerai, Lingkungan Makam Maja, Kelurahan Rawa Arum dan Lingkungan Kubang laban Kelurahan Panggung Rawi.

Sementara itu, Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi menuturkan, Kampung KB itu diluncurkan untuk mempermudah proses kepengurusan administrasi. "Program pembangunan berkonsep cluster seperti Kampung KB pada hakikatnya adalah untuk mempermudah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan secara lebih terpadu dan terintegrasi, tentu saja Kampung KB yang kita canangkan sekarang juga berusaha memenuhi hal tersebut dengan meliputi dimensi yang lebih luas serta saling terkait," tuturnya.

Diterangkan Iman, Kampung KB tersebut meliputi seluruh dimensi dan kualitas keluarga. "Bukan hanya dimensi keluarga berencana, tapi juga dimensi pemberdayaan ekonomi keluarga, sampai pengembangan kualitas keluarga menjadi dimensi tak terpisahkan dari sebuah Kampung KB yang harus bisa kita realisasikan secara menyeluruh," terangnya.

Untuk mensukseskan program Kampung KB itu, Iman mengajak kepada masyarakat untuk menyiapkan kampungnya sebagai percontohan kampung KB. "Untuk itu, diperlukan kesiapan dari seluruh pihak, dan bukan hanya kesiapan dari para keluarga yang terdapat di lingkungan yang menjadi percontohan kampung KB saja, kita wajib mengingat setiap konsep cluster dalam dimensi pemerintahan manapun memerlukan kesiapan dari aspek sumber daya manusia, aspek sarana prasarana, aspek rencana pengembangan dari kluster itu sendiri, dan tentu saja aspek partisipasi dari seluruh pihak terkait," terangnya.

Dalam hal ini, Iman menegaskan, konsep Kampung KB dapat dijadikan model pembangunan keluarga yang berkualitas. "Konsep kampung KB merupakan sebuah konsep visioner Pemerintah Daerah Kota Cilegon yang dapat menjadi sebuah model pembangunan keluarga yang berkualitas, kita dapat bayangkan konsep kampung KB hadir untuk menjadi solusi di tengah maraknya kekerasan terhadap perempuan, kekerasan terhadap anak, dan tingginya angka perceraian yang semakin tidak terkendali," tegasnya.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten Perwakilan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Asisten Daerah (Asda) II Pemerintah Kota Cilegon, Ketua dan kader TP PKK Kecamatan dan Kelurahan, Kepala Dinas Sosial Kota Cilegon, Para Camat dan Lurah se-Kota Cilegon, khususnya di Lingkungan Kecamatan Jombang dan kader Posyandu. (tasir/*)

Beri komentar


Security code
Refresh