Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 113 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 159 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 615 | Komentar

Baca


Stok Darah Menipis


CILEGON
- Persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) di Kota Cilegon terbilang minim. Kondisi ini disebabkan akibat kegiatan aksi sosial donor darah sangat minim diselenggarakan saat bulan Ramadhan lalu.

Wakil Ketua PMI Kota Cilegon Erwin Harahap mengatakan, pasca bulan Ramadhan, persediaan darah di Unit Transfusi Darah di PMI kerap berkurang drastis. Padahal, dukungan masyarakat untuk mendonorkan darahnya sangat diperlukan untuk saat ini.

"Selama Ramadan stok pasti berkurang, akan tetapi kesulitan memenuhi darah bukan karena kebutuhan meningkat, melainkan karena jumlah donor yang menyusut. Kami berharap pendonor dapat meningkat setiap bulannya pasca Lebaran ini," kata Erwin kepada Banten Raya, Senin (10/7).

Selain itu, akibat dari kekurangan stok darah, pasien yang membutuhkan darah terpaksa mencari donor dari pihak keluarga atau pihak PMI Kota Cilegon bekoordinasi dengan PMI Kota Lain seperti Serang yang masih ada stok darah.

Selain itu, PMI juga menerapkan sistem jemput bola ke wilayah-wilayah di Kota Cilegon. Pihaknya juga sangat berterima kasih jika ada warga yang secara sukarela mendonorkan darahnya untuk saat ini. "Supaya masyarakat mudah untuk mendonorkan darahnya kita juga siap jemput bola," paparnya.

Erwin mengajak masyarakat untuk tidak ragu melakukan donor darah. Selain untuk membantu sesama, juga untuk kesehatan sang pendonor sendiri. Sementara kebutuhan perharinya, kantong darah yang keluar di Cilegon cukup tinggi. "Hanya ada satu kantong golongan A. Golongan lainnya habis seperti B, AB dan O," ungkapnya.

Ditambahkan Erwin, dirinya berharap pasca Lebaran ini persediaan kantong darah di PMI akan bertambah setelah berakhirnya bulan ramadan. "Kita membuka ruang kepada masyarakat untuk mendonorkan darahnya ke UTD PMI Cilegon," imbuhnya.

Salah satu warga Kota Cilegon Ichan mengaku jika dirinya membutuhkan golongan darah A untuk orang tuanya yang akan menjalani operasin. Namun, di PMI Cilegon golongan darah tersebut tidak ada persediaan, sehingga dirinya masih harus mencari pendonor sendiri. "Ke PMI stock-nya habis," katanya. (gillang)

Beri komentar


Security code
Refresh