Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 76 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 104 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 122 | Komentar

Baca


Anggota Dewan Malas Dikritik


CILEGON
- Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon Fakih Usman Umar mengkritik anggota DPRD Kota Cilegon yang malas dan tidak hadir Rapat Paripurna DPRD Kota Cilegon. Setidaknya, hal itu diketahui pada Rapat Paripurna dengan agenda Mendengarkan Jawaban Walikota atas Pemandangan Fraksi terhadap Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), Senin (10/7).

Berdasarkan pantauan Banten Raya, Senin (10/7), dalam rapat paripurna tersebut, Ketua DPRD Kota Cilegon Fakih Usman Umar beberapa kali menyinggung anggota DPRD yang tidak hadir rapat paripurna. Padahal, dalam rapat paripurna tersebut ada beberapa anggota DPRD Kota Cilegon yang tidak hadir.

Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi mengatakan, pada paripurna pekan lalu, memang ada beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak hadir rapat paripurna. Namun, pada rapat paripurna Senin (10/7), ASN cukup banyak yang hadir. "Jika ASN tidak hadir bisa saja kita potong tunjangannya, tapi kalau anggota dewan yang tidak hadir gimana bisa dipotong (tunjangannya -red) atau tidak," kata Iman, kemarin.

Menurut Iman, pihaknya bisa saja memotong tunjangan ASN yang malas paripurna, namun Rapat Paripurna bukan dari eksekutif saja melainkan ada legislatif. "Kita bisa saja melakukan pemotongan (Tunjangan -red). Tapi legilslatif juga, kalau tidak dipotong ya tidak mau kita," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Cilegon Fakih Usman Umar menjelaskan, dalam beberapa kali rapat paripurna dirinya mencatat ada beberapa anggota DPRD yang tidak hadir, sehingga dirinya menginginkan agar kehadiran rapat paripurna diberikan insentif. Sehingga, anggota dewan yang malas terpacu untuk rajin menghadiri rapat paripurna. "Kalau aturannya (Tunjangan -red) bisa dipotong ya bisa saja dipotong. Tapi ada aturannya atau tidak?," jelasnya.

Dengan tidak hadirnya anggota DPRD Kota Cilegon, lanjut Fakih, dirinya meminta Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Cilegon bertindak tegas. "Itu fungsi BK. Tugas BK disitu," tegasnya.Dalam hal ini, Fakih meminta kepada anggota DPRD Kota Cilegon untuk rajin menghadiri Rapat Paripurna karena anggota DPRD sebagai wakil rakyat.

amun, masalah regulasi saat ini masih menjadi kendala karena minimal ketidakhadiran dalam rapat paripurna selama lima kali bertuturut-turut baru bisa mendapatkan sanksi. "Ada peraturan terbaru kita menunggu revisi tatib DPRD," terangnya.

Wakil Ketua BK DPRD Kota Cilegon Sofwa Marjuki mengatakan, pihaknya bersama anggota BK yang lain juga berencana melakukan rapat dengan unsur pimpinan DPRD Kota Cilegon untuk membahas masalah disiplin anggota dewan. Namun, dirinya belum bisa memberikan statement lebih mendalam terkait indisipliner anggota DPRD lantaran posisi dirinya hanya sebagai Wakil Ketua BK.

"Pak Reno (Ketua BK -red) lagi ada keperluan di partainya sehingga tidak hadir. Saya tidak bisa mengambil jalan sendiri, nanti kalau sudah ada rapat BK kita memberikan keterangan pers (Terkait Disiplin Anggota DPRD -red)," katanya.

Menindaklanjuti ketidakhadiran Ketua BK yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan pada DPRD Kota Cilegon, Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan Yusuf Amin mengaku ketua fraksinya yang juga ketua BK DPRD Kota Cilegon sedang ada kegiatan kepartaian.

Namun, menurutnya ketidakhadiran anggota dewan tidak menjadi masalah berarti selama tidak melebihi batas maksimal. "Saya kan sudah mewakili ketua fraksi. Kan ada aturannya, berapa kali tidak hadir baru kena sanksi, kalau tidak salah enam kali bertuturut-turut," katanya. (gillang)


Beri komentar


Security code
Refresh