Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 247 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 270 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 701 | Komentar

Baca


RT dan RW Ujung Tombak Pelayanan


Rukun Tangga (RT) dan Rukun Warga (RW) merupakan struktur terbawah dalam pelayanan yang ada dipemerintahan. Meskipun begitu, keberadaannya adalah salah satu ujung tombak pelayanan.

Untuk itu, dalam rangka membangun sinergisitas dan menyediakan pelayanan publik yang prima bagi warga, Pemerintah Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon rutin melakukan pembinaan dan silaturahmi bagi seluruh pengurus RT dan RW minimal satu bulan sekali.

"Satu bulan sekali, kami melakukan pembinaan bagi pengurus RT dan RW. Dengan harapan terbangun sinergisitas dan pelayanan yang prima terhadap warga," kata Lurah Ciwedus Ana Maulana kepada Banten Raya, Senin (7/8).

Ana menyampaikan, dalam acara pembinaan tersebut selain bentuk silaturahmi antara sesama pengurus RT dan RW dengan pemerintah kelurahan dan kecamatan juga dalam rangka pembinaan terhadap tata cara pelayanan kepada warga.

"Jika warga ingin melakukan pelayanan maka sudah pasti meminta pengantar yang ditanda tangani oleh pengurus RT dan RW. Untuk itu, kami memberikan pemahaman dan pembinaan tata cara pelayanan kepada warga," ucapnya.

Ana menerangkan, pengurus RT dan RW diperikan pengetahuan tata cara pengadministrasian dan akuntabilitas administrasi pelayanan, seperti pencatatan dan pendataan warga. Hal itu dilakukan, agar pengurus RT dan RW profesional dalam pelayanan.

"Dalam menjalankan pelayanan tentunya RT dan RW harus profesional. Karenanya dalam pembinaan ini kami sampaikan tata cara pencatatan dan pendataan," ungkapnya.

Ana menuturkan, sesuai dengan harapan dari Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi sebagai bagian dari pelanan masyarakat, seluruh unsur yang terlibat dalam pelayanan, harus bekerja dengan sungguh-sungguh dan profesional.

"Pak Wali Kota pernah menyampaikan, tugas kami adalah memberikan pelayanan. Jangan pernah mengabaikan warga yang ingin dilayanai, dan harus melayani dengan kasih sayang," tuturnya.

Camat Cilegon Idad Zaldad menjelaskan, pentingnya membangun koordinasi antara pengurus RT dan RW dengan kelurahan, sehingga dalam melaksanakan pelayanan kepada warga tidak ada lagi informasi yang tidak pas dan tidak sinergis.

"Koordinasikan setiap apa yang menjadi peraturan dan mekanisme palayanan. Sehingga tidak ada ketimpangan saat pelayanan dan warga mendapatkan informasi yang sesuai apa adanya," jelasnya.

Idad berharap, soliditas dari pengurus RT dan RW untuk bersama membangun pelayanan yang prima bagi warganya. Jangan sampai sesama pengurus memuliki visi yang berbeda, pada akhirnya menghambat pelayanan. "Harus satu visi, yaitu membangun pelayanan yang terbaik bagi warga. Tidak ada lagi perbedaan antara Ketua, Sekretaris dan Bendahara," ucapnya.

Selain itu, Idad juga berharap kepengurusan dan kemampuan RT dan RW bisa profesional dalam melakukan pelayanan, dapat mempermudah warga serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga. "Kami berharap semuanya mampu memberikan pelayanan yang terbaik, dengan kemampuan yang dimiliki akan memudahkan proses pelayanan bagi warga," katanya. (mg-uri)

Beri komentar


Security code
Refresh