Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 219 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 279 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 238 | Komentar

Baca


Jalan 1,5 Kilometer RP 4,9 Miliar



CILEGON - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon tengah gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur. Salah satu infrastruktur yang banyak dibangun pada tahun 2017 adalah peningkatan kualitas jalan dengan betonisasi, termasuk beberapa akses jalan ke berbagai wilayah pinggiran Kota Cilegon. Salah satu akses jalan yang sedang dibetonisasi adalah jalan di Kelurahan Bulakan, Kecamatan Cibeber yang menghubungkan Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon sampai ke Lingkungan Pejaten, Kelurahan Bulakan. Didalam papan proyek tertera dana sebesar Rp 4,94 miliar dengan penjang jalan sekitar 1,59 kilometer dan lebar lima meter.

Proyek yang dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon 2017 tersebut dikerjakan oleh PT Panca Putra Engineering dan selaku konsultan pengawas dari CV Inet Indigu Desain. Lama pengerjaan sendiri 90 hari kalender.

Warga Bulakan, Krisna mengatakan, ruas jalan tersebut sudah rusak lama. Jalan tersebut juga  hampir setiap hari dilalui kendaraan berat bermuatan material yang mengangkut pasir atau batu bata. Saat ini, jalan ditutup sementara akibat adanya betonisasi. Sehingga, warga dari Kelurahan Bulakan yang akan menuju JLS Kota Cilegon harus memutar arah melalui Cikerai.

Kondisi tersebut, membuat beberapa warga mengeluh. "Ya ini diperbaiki kami bersyukur. Semoga cepat selesai, agar masyarakat tidak kesulitan kalau mau lewat," katanya kepada Banten Raya, kemarin.

Lurah Bulakan Narun Sukardi menjelaskan, akses jalan di Bulakan memang sempat lama rusak. Namun, saat ini mulai diperbaiki. Jika ada warga yang mengeluhkan perbaikan jalan, pihaknya meminta warga untuk bersabar sampai kondisi jalannya mulus. "Kan sementara saja, hanya beberapa hari ditutupnya. Kalau rusak kan malah lebih menganggu," jelasnya.

Narun menuturkan, sebelum ada perbaikan jalan, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi. Pasca pentupan jalan tersebut, beberapa hari kendaraan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Cilegon juga dititipkan di Kantor Kelurahan Bulakan. Betonisasi, saat ini baru sampai Bulakan, kemungkinan tahun depan akan sampai Cikerai. "Dulu waktu rusak banyak anak sekolah yang jatuh di kubangan jalan," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon Ridwan mengatakan, memang betonisasi jalan tersebut dilakukan langsung sekaligus tidak, sehingga jalan ditutup total. Bukan dilakukan pengecoran separuh jalan dulu. "Itu karena jalannya sempit jadi langsung, tidak separuh-separuh," katanya.

Ridwan yang saat ini juga menjadi kandidat Kepala Dinas Komunikasi Informatikan Sandi dan Statistik Kota Cilegon juga meminta warga yang melewati jalan Bulakan untuk bersabar beberapa hari. Proses betonisasi jalan tersebut diakuinya tidak akan lama. Pasalnya, pengerja proyek juga menggunakan alat pengering beton. "Nanti juga kita sampaikan ke pengerja proyek itu," akunya.

Saat ini, tambah Ridwan, peningkatan kualitas jalan terus dilakukan oleh Pemkot Cilegon sampai ke daerah pinggiran kota. Peningkatan kualitas jalan tersebut diharap nantinya akan memperlancar akses ekonomi dan pendidikan di wilayah Cilegon Selatan. "Kalau jalan mulus nantinya kan pertumbuhan ekonomi semakin cepat," tambahnya. (gillang)



Beri komentar


Security code
Refresh

Komentar Terakhir