Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 219 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 279 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 238 | Komentar

Baca


Bulakan Bentuk 6 Kube



CILEGON – Pemerintah Kelurahan Bulakan, Kecamatan Cibeber melalui Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial membentuk 6 Kelompok Usaha Bersama (Kube) Wirausaha bagi warga yang sudah memiliki Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Hal itu dilakukan dalam rangka mengembangkan usaha yang pada awalnya hanya dilakukan perseorangan dan belum memiliki tata kelola administrasi serta pemasaran yang baik. "Enam kelompok yang sudah dibentuk oleh pemerintah kelurahan. Dengan harapan bisa mengembangkan usahanya lebih besar dan berkembang.

Serta dengan pengelolaan yang profesional," kata Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial pada Kelurahan Bulakan, Kecamatan Cibeber Imawati saat melakukan pembinaan UMK diaula Kelurahan Bulakan, Kamis (10/9).

Irma menjelaskan, sudah memfasilitasi Kube Wirausaha bertemu dan berkoordinasi dengan berbagai pemangku kebijakan, seperti Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Kecil (Diskop-UMK) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon, agar warga bisa mengakses bantuan permodalan dalam mengambangkan usahanya. "Ada banyak program yang bisa dimanfatkan oleh Kube. Dinsos dan Diskopumk sudah membuka ruang bagi Kube yng siap mengembangkan usahanya menjadi besar," jelasnya.

Irma menyampaikan, pemerintah kelurahan sudah bekerjasama dengan Pusat Inkubator dan Klinik Wirausaha (PIWKU) Kota Cilegon, agar Kube bisa dibina dalam hal kemasan, pemasaran, pemngunan alat-alat kemas modern dan hal lain sebagainya. "PIWKU sudah digandeng. Kube tinggal langsung berkoordinasi dalam hal pembinaan dan bpengambangan usahanya," ungkapnya.

Irma juga menerangkan, pembentukan Kube merupakan proyek perubahan yang akan dipresentasikannya dalam Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan tingkat IV yang sedang dilakukannya. "Ini juga proyek perubahan yang dilakukan. Dan nanti dipresentasikan saat sidang Diklatpim nanti," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Bulakan, Kecamatan Cilegon Rahmatullah mengatakan, Pemerintah Kelurahan Bulakan akan memberikan dukungan kepada setiap pelaku UMK. Karena Kelurahan Bulakan merupakan wilayah pertanian dan perdagangan. "Kami akan dukung pelaku usaha untuk berkembang, menjadi lebih besar lagi. Dengan begitu bisa membangun kesejahteraan bagi warga," katanya.

Rahmatullah menegaskan, UMK masih rentan terhadap permodalan dan persaingan dari pengusaha besar. Pemerintah kelurahan akan komitmen memberikan stimulasi dan akses permodalan. "UMK masih rentan terhadap persaingan usaha. Modal yang dimiliki juga masih terbatas. Untuk itu kami komit untuk memfasilitasi aksesnya," tegas Rahmatullah. (mg-uri)

Beri komentar


Security code
Refresh

Komentar Terakhir