Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 244 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 267 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 699 | Komentar

Baca


Program Pemerintah Kelurahan Gedong Dalem Tingkatkan Kewirausahaan Dengan Pelatihan R3


CILEGON – Pemerintah Kelurahan Gedong Dalem, Kecamatan Jombang memberikan pelatihan Reduce, Reuse, Ricycle (R3) kepada warga diwilayahnya. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kewirausahaan warga dengan memanfaatkan limbah industri rumah tangga menjadi barang kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomis.

"Dengan pelatihan yang kami berikan tentang R3, diharapkan warga bisa merubah limbah industri untuk didaur ulang menjadi barang dengan nilai ekonomis seperti kerajinan tangan dari bungkus kopi, tas atau barang kerajinan lainnya," kata Lurah Gedong Dalem Alim Rahmadi kepada Banten Raya, Selasa (19/9).


Alim menjelaskan, selain peningkatan kewirausahaan bagi warga, pelatihan R3 diharapkan juga mampu menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan membangun pemahaman memanfatkan sampah rumah tangga menjadi barang yang bisa diolah dan dibuat kreasi, sehingga sampah rumah tangga yang terbuang dan mengotori lingkungan bisa diminimalisir. "Jika warga sudah bisa mengolah sampah rumah tangga, tentu akan berimplikasi terhadap banyaknya sampah rumah tangga yang terbuang. Warga pasti akan mengubahnya menjadi barang yang bisa dijual," jelasnya.

Alim berharap, usai dilakukan pelatihan warga mampu membuat kelompok usaha bersama (Kube) dalam memanfaatkan sampah daur ulang, sehingga dengan dibentuknya Kube, Pemerintah Kelurahan semakin mudah melakukan pembinaan dan pengarahan selanjutnya. "Setelah selasai kami berharap warga langsung membentuk Kelompok, agar setiap minggunya jika butuh pemateri bisa difasilitasi oleh kelurahan," ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat (PM) dan Kesejahteraan Sosial (Kesos) Kelurahan Gedong Dalem Nia Kania menerangkan, sedikitnya 30 warga dari perwakilan enam Rukun Warga (RW) ikut dalam pelatihan yang diadakan pemerintah kelurahan. Peserta mendapatkan pengenalan dan sekaligus praktek langsung sampah rumah tangga untuk didaur ulang.

"Selain mendapatkan pemahaman apa itu R3. Warga juga mendapat kesempatan bagaimana proses pengolahannya sampai menjadi barang seperti tas, tempat minum dan barang-barang lainnya," terangnya.


Nia menyampaikan, selain daur ulang sampah anorganik menjadi barang kreasi. Kedepannya warga akan mendapatkanpelatihan sampah organik menjadi pupuk. "Sekarang baru sampahrumah tangga anorganik yang diolah. Nantinya mungkin kami juga akan mengadakan untuk pengolahan organiknya," ucapnya.

Camat Jombang Agus Aryadi mengatakan, pelatihan R3 menjadi penting dalam rangka penataan lingkungan dan kegiatan produktif bagi warga, sehingga sampah bisa diolah menjadi profit dan penambahan pendapatan dalam keluarga.

"Dengan pelatihan ini, warga bisa memiliki kemampuan mengolah dan mendaur ulang sampah. Lingkungan tertata, warga juga bisa mendapatkan penambahan pendapatan," katanya. (mg-uri)

Beri komentar


Security code
Refresh