Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 83 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 60 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 86 | Komentar

Baca


16 Parpol Bakal Warnai Pileg 2019


CILEGON
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon pekan lalu sudah melakukan Verifikasi Faktual (Verfak) kepada Partai Politik (Parpol) lama yang menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) atau Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu.

Pada Januari, KPU Kota Cilegon juga sudah selesai melakukan verfak kepada Parpol baru calon peserta Pemilu 2019. Sudah ada 16 parpol yang menjalani verfak oleh KPU Kota Cilegon dan berpeluang menjadi peserta Pileg 2019 di Kota Cilegon.

Ketua KPU Kota Cilegon Fathullah mengatakan, pihaknya telah melakukan verfak terhadap 16 parpol di Kota Cilegon, baik peserta pemilu 2014 maupun partai baru calon peserta Pemilu 2019. "Ada 12 partai lama yaitu PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), PKS (Partai Keadilan Sejahtera), PAN (Partai Amanat Nasional),

Golkar (Partai Golongan Karya), PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), Partai Demokrat, Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya), Nasdem (Partai Nasional Demokrat), Hanura (Partai Hati Nurani Rakyat), PBB (Partai Bulan Bintang), PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia)," kata Fathullah kepada Banten Raya, Minggu (4/2).

Dijelaskan Fathullah, empat partai baru juga telah dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) menjadi peserta Pemilu 2019 diantaranya adalah Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, dan Partai Garuda. "Untuk partai baru ini sudah kita verfikasi lebih dulu, baik verifikasi admintistrasi maupun verifikasi faktual. Jadi, di Cilegon sudah 16 partai jalani verfak," jelasnya.

Fathullah menuturkan, meski 16 Parpol sudah menjalani verfak, namun untuk Partai Golkar masih ada satu syarat yang menjadikannya belum dinyatakan MS, yaitu tatap muka antara petugas Verfak dengan Ketua DPD II Partai Golkar Kota Cilegon.

Namun, Ia mengaku jika sudah tatap muka meski hanya lima menit maka Partai Golkar sudah bisa dinyatakan MS. "Semua persyaratan Golkar saya lihat sudah lengkap, hanya kurang satua saja yaitu tatap muka. Jadi, besok ketika kita bertemu Ketua DPD Golkar Cilegon (Tb Iman Ariyadi) sudah bisa MS," tuturnya.

Dari 16 parpol, tambah Fathullah, pihaknya telah melakukan verifikasi terhadap status kantor masing-masing partai. Selain itu, status keanggotaan kader partai dan pengurus dari ke-16 partai tersebut juga sudah memenuhi syarat. "Tapi, untuk disahkan menjadi anggot Pemilu 2019 atau tidak itu di tangan KPU RI," tambahnya.

Pasca melakukan verfak calon peserta Pemilu 2019, lanjut Fathullah, KPU Kota Cilegon saat ini tinggal melakukan rekrutmen panitia Pemilu 2019. "Saat ini kita sudah melakukan rekrutmen PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), sudah ada sekitar 60 pelamar, ini akan kita kerucutkan untuk mendapat 24 yang terbaik, karena masing-masing kecamatan itu ada tiga PPK," ucapnya.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cilegon Siswandi mengatakan, 16 Parpol sudah menjalani verfak oleh KPU Kota Cilegon. Saat verfak, tidak ada masalah berarti. "Seperti terkait Hanura yang keanggotaan dan kantornya sempat sedikit ada masalah tapi sudah diperbaiki, jadi sudah MS. Begitu juga Golkar, KPU akan segera menemui Pak Iman karena sudah ada surat dari Rutan Serang dan sudah diperbolehkan bertemu," katanya.

Siwandi menegaskan, saat ini pihaknya terus memantau proses rekrutmen PPK. Hal itu dilakukan, agar penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan nantinya benar-benar orang yang independen. "Kita juga memberi masukan ke KPU," tegasnya. (gillang)



Beri komentar


Security code
Refresh